ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER KELAS X MATA PELAJARAN FISIKA DI TINJAU DARI ASPEK KOGNITIF BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DI SMA NEGERI MEDAN

Hasibuan, Azhar Azrai R. (2020) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER KELAS X MATA PELAJARAN FISIKA DI TINJAU DARI ASPEK KOGNITIF BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DI SMA NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM  4143321006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4143321006 COVER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4143321006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4143321006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4143321006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4143321006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4143321006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4143321006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4143321006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4143321006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4143321006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4143321006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 4143321006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 4143321006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4143321006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4143321006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkatan soal berdasarkan taksonomi bloom dan melihat konstruksi soal serta bahasa yang digunakan dalam pembuatan soal. Penelitian ini akan dilakukan dengan sempel soal ujian akhir semster
kelas X SMAN 2 Medan dan SMAN 13 Medan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif survey. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari analisis tingkatan Taksonomi Bloom untuk menetukan tingkatan soal serta syarat yang benar dalam penyusunan soal berdasarkan konstruksi dan bahasa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif.
Dari hasil analisis data soal pilihan ganda yang berjumlah 30 soal diperoleh hasil pada soal tingkat pengetahuan (C1) sebanyak 2 soal (6,6%), soal tingkat pemahaman(C2) sebanyak 2 soal (6,6%), soal tingkat penerapan(C3) sebanyak 24 soal
(80,8%), soal pada tingkat analisis (C4) sebanyak 2 soal (6,6%), dan tidak terdapat soal pada tingkat evaluasi (C5), dan tingkat kreasi (C6). Pada soal essay diperoleh hasil tingkatan soal pemahaman (C2) sebanyak 3 soal (20,5)%, soal tingkat penerapan (C3) sebanyak 19 soal (71,3%), soal tingkat analisis (C4) sebanyak 1 soal (4,1%), dan soal tingkat evaluasi (C5) sebanyak 1 soal (4,1%). Pada Kaidah penulisan soal konstruksi dan bahasa diperoleh pesentase 99,08% untuk soal pilihan ganda SMAN 2 Medan dan 100% untuk SMAN 13 Medan. Berdasarkan data yang diperoleh pembuatan soal berdasarkan tingkatan Taksonomi Bloom belum dapat dikatakan baik keseluruhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 FIS 073
Keywords: Deskriptif surfey; Konstruksi bahasa; Tingkatan soal; Evaluasi hasil belajar; Taksonomi bloom
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 16 May 2021 20:52
Last Modified: 16 May 2021 20:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42110

Actions (login required)

View Item
View Item