Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) Merujuk Kurikulum 2013 Pada Materi Termokimia Untuk Siswa SMA

Pratiwi, Nurul Indah (2021) Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) Merujuk Kurikulum 2013 Pada Materi Termokimia Untuk Siswa SMA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8176141007 COVER.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8176141007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8176141007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8176141007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8176141007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8176141007 TABLES.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8176141007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8176141007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8176141007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8176141007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8176141007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis kebutuhan instrumen HOTS merujuk K-13 pada materi termokimia; kategori kelayakan instrumen menurut ahli, hasil uji coba instrumen dengan menggunakan Rasch Model, kemampuam berpikir tingkat tinggi siswa, dan persepsi siswa terhadap instrumen yang dikembangkan. Instrumen HOTS merujuk K-13 pada materi termokimia dikembangkan menggunakan model 4-D dengan tahapan define, design, develop, dan disseminate. Selanjutnya diuji kelayakan instrumen oleh validator ahli dan pengujian secara empiris kepada siswa. Untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi dan persepsi siswa, instrumen diujicobakan kepada 38 orang siswa. Diperoleh sebanyak 30 item instrumen HOTS merujuk K-13 pada materi termokimia. Pada tahap define, diperoleh hasil analisis melalui wawancara terhadap guru bidang studi kimia bahwa dibutuhkannya instrumen HOTS. Hasil validasi oleh ahli menunjukkan bahwa instrumen HOTS merujuk K-13 terkategori tinggi (0.90). Sedangkan hasil uji empiris menunjukkan bahwa vaiditas item tinggi (0.9), reliabilitas yang cukup (0.69), tingkat kesukaran sedang, daya pembeda sebesar 66.6%, dan pengecoh baik (63.3%). Profil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa terkategori rendah, sedangkan persepsi siswa terhadap instrumen HOTS diperoleh sebesar 61.2% memberikan respon positif. Telah dihasilkan instrumen HOTS merujuk K-13 pada materi termokimia yang sesuai dengan kriteria kelayakan serta dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSilaban, Saronomnidn0013118001
Thesis advisorNurfajriani, nidn0002096703
Call Number: 541.360 72 Pra p
Keywords: HOTS; kurikulum 2013; rasch model; model 4-D; termokimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 05 May 2021 04:08
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42060

Actions (login required)

View Item View Item