Analisis Permasalahan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Biologi di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Batubara

Masytah., Dewi (2021) Analisis Permasalahan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Biologi di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Batubara. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8176174008 COVER.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8176174008 Lembar Pengesahan + Persetujuan + Plagiat.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8176174008 Abstrak B. Indonesia + B. Inggris.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8176174008 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8176174008 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8176174008 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8176174008 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8176174008 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8176174008 Bab I.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8176174008 Bab V.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8176174008 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan pembelajaran daring mata pelajaran biologi di madrasah aliyah Se-Kabupaten Batubara. Jenis penelitian ini berupa deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel dimbil pada 16 sekolah, sebanyak 16 guru biologi dan 160 siswa kelas XI secara purposive sampling. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa instrumen lembar angket untuk mengukur RPP daring, aplikasi internet, media pembelajaran, materi pembelajaran biologi dan manajemen waktu oleh guru, serta permasalahan pembelajaran daring tanggapan oleh siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil dalam penelitian ini adalah aspek ketersediaan RPP daring tergolong baik dengan rata-rata 0,77 atau 76,67%, penggunaan aplikasi internet tergolong kurang baik dengan rata-rata 0,55 atau 54,58, media pembelajaran tergolong baik dengan rata-rata 0,71 atau 70,97%, materi pembelajaran tergolong baik dengan rata-rata 0,73 atau 72,64%, manajemen waktu oleh guru tergolong baik dengan rata-rata 0,73 atau 73,19%, dan permasalahan pembelajaran daring tanggapan oleh siswa tergolong kategori kurang baik dengan rata-rata 0,50 atau 48,70%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorGultom, Tumiurnidn0016076806
Thesis advisorRestuati, Martinanidn0021036307
Call Number: 574.072 Mas a
Keywords: RPP Daring, Aplikasi internet; Media pembelajaran; Materi pembelajaran; Manajemen waktu; Guru; Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 05 May 2021 04:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42059

Actions (login required)

View Item View Item