Pengaruh Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Takengon Tahun Pembelajaran 2020/2021

Hairah, Wilda (2020) Pengaruh Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Takengon Tahun Pembelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7161142039 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7161142039 COVER.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7161142039 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7161142039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (578kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM. 7161142039 PREPACE.pdf]
Preview
Text
3.NIM. 7161142039 PREPACE.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7161142039 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7161142039 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7161142039 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7161142039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7161142039 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7161142039 TABLES.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7161142039 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7161142039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7161142039 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7161142039 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7161142039 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7161142039 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7161142039 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7161142039 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7161142039 BIBLIOGRPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7161142039 BIBLIOGRPHY.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar akuntansi khususnya pada materi jurnal penyesuaian yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Takengon Tahun Pembelajaran 2020/2021.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Takengon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 64 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling yaitu kelas XI Akuntansi 1 (28 orang) dan XI Akuntansi 2 (27 orang). Jadi, total sampel adalah 55 orang. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar akuntansi adalah tes pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Tes yang diberikan pada sampel adalah tes standar yang validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda tidak perlu diuji lagi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menghitung nilai mean, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan Uji-t.
Dari hasil analisis data, nilai rata-rata hasil pre test kelas eksperimen adalah 36,964 dengan standar deviasi 4,780 dan kelas kontrol 33,703 dengan standar deviasi 6,292. Nilai rata-rata post test kelas eksperimen adalah 82,857 dengan standar deviasi 6,862 dan kelas kontrol 72,037 dengan standar deviasi 7,240. Hasil uji t diperoleh hasil thitung sebesar 5,642 sedangkan ttabel sebesar 1,674 pada tingkat kepercayaan 95% dan α = 0,05 sehingga thitung > ttabel (5,642 > 1,674) artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) lebih tinggi secara signifikan dibanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Takengon.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview; Presentation; Exercise; Summary); Metode Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 24 May 2021 21:04
Last Modified: 24 May 2021 21:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42031

Actions (login required)

View Item
View Item