Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Dan Kemandirian Belajar Siswa SMA Negeri 1 Binjai

Nasution, Afwanil Huda (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Dan Kemandirian Belajar Siswa SMA Negeri 1 Binjai. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.NIM.8186171001 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.NIM.8186171001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM.8186171001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM.8186171001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.NIM.8186171001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.NIM.8186171001 TABLES.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.NIM.8186171001 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.NIM.8186171001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.NIM.8186171001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM.8186171001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis melalui model pembelajaran Discovery Learning yang valid, praktis, dan efektif sehingga mampu meningkatkan kemampuan koneksi dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) yang menggunakan model pengembangan Dick and Carrey. Objek penelitian adalah perangkat pembelajaran seperti buku guru, buku siswa, RPP, LKPD dan soal tes kemampuan koneksi pada mata pelajaran matematika pada materi pokok Transformasi Geometri menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2020/2021. Instrumen pada penelitian ini terdiri atas; (1) kevalidan: lembar validasi terhadap terhadap buku guru, buku siswa, RPP, LKS, soal tes kemampuan Koneksi dan angket kemandirian belajar untuk para ahli. (2) kepraktisan: lembar penilaian kepraktisan oleh guru dan siswa terhadap perangkat pembelajaran (3) keefektifan: lembar respon siswa terhadap perangkat pembelajaran, tes kemampuan koneksi dan angket kemandirian belajar siswa. Perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Ditinjau kevalidan, nilai validitas validasi RPP dengan rata-rata total 4,38, hasil validasi buku guru dengan rata-rata total 4,30, hasil validasi Buku siswa dengan rata-rata total 4,32, hasil validasi LKPD dengan rata-rata total 4,33, validasi tes kemampuan koneksi siswa dapat digunakan revisi kecil dan tanpa revisi menurut para ahli. Ditinjau dari kepraktisan: nilai rata-rata kepraktisan perangkat pembelajaran pada uji coba I dari guru sebesar 3,1 dan berada pada kategori cukup. Pada uji coba II dari guru sebesar 3,7 dan berada pada kategori baik. Ditinjau dari keefektifan, dari ketuntasan belajar siswa secara kalsikal sudah mencapai 87,50%. Terjadi peningkatan kemampuan koneksi siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, nilai rata-ratanya meningkat dari uji I sebesar 72,22 menjadi 80,03 pada uji coba II. Skor rata-rata tiap indikator kemampuan koneksi juga meningkat dari uji coba I ke uji coba II. Kemandirian belajar matematika siswa juga terjadi peningkatan, pada uji coba I 81,19 meningkat menjadi 87,31 uji coba II dan keseluruhan aspek motivasi belajar matematika siswa skornya meningkat dari uji coba I keuji coba II.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSurya, Edynidn0019106708
Thesis advisorMariani, nidn0013035708
Call Number: 510.72 Nas p
Keywords: Perangkat Pembelajaran; Model Discovery Learning; Model Pengembangan Dick and Carry; Kemampuan Koneksi Matematika dan Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 Apr 2021 03:05
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42024

Actions (login required)

View Item View Item