Pengembangan Bahan ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Perpindahan Kalor Kelas V SD Negeri 2 Alue Teh

Dewi, Santi (2021) Pengembangan Bahan ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Perpindahan Kalor Kelas V SD Negeri 2 Alue Teh. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8166182048 COVER.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8166182048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8166182048 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8166182048 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8166182048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8166182048 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8166182048 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8166182048 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8166182048 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8166182048 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8166182048 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan hasil validasi produk bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing pada materi perpindahan kalor kelas V SD Negeri 2 Alue The; dan 2) menganalisis efektifitas bahan ajar IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi perpindahan kalor yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Alue Teh. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 2 Alue Teh. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) meliputi Define (pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Desain bahan ajar menggunakan uji coba kelompok kecil, dan uji kelompok besar yang dilakukan di kelas V SD Negeri 2 Alue Teh. Data telah diverifikasi oleh 2 dosen ahli materi, dan 2 dosen ahli desain. Secara keseluruhan hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata 92% dengan kategori sangat layak sedangkan hasil validasi ahli desain secara keseluruhan memperoleh rata-rata 95% pada kategori sangat layak. Pada tahap efektifitas, diperoleh nilai gains score kelas eksperimen sebesar 0,785 pada kategori tinggi dibandingkan kelas kontrol yang hanya mencapai nilai 0,460 pada kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua data postest kemampuan hasil belajar siswa mempunyai nilai thitung (=0,000) sehingga terdapat perbedaan karena sig (2-tailed) < 0,05 dan thitung bernilai positif sehingga H0 ditolak. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa “terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang di ajar dengan menggunakan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing dengan siswa yang tidak diajarkan menggunakan inkuiri terbimbing. Ketercapaian pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis inkuiri secara klasikal yakni 87% dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis inkuiri sangat efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHarahap, Fauziyahnidn
Thesis advisorSutopo, Adinidn
Call Number: 372.3 Dew p
Keywords: bahan ajar inkuiri terbimbing; hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 Apr 2021 09:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41970

Actions (login required)

View Item View Item