PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI DI KOTA MEDAN

SIMANJORANG, KRISTIANI (2020) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI DI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7163142023 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7163142023 COVER.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7163142023 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7163142023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (640kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7163142023 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7163142023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (569kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7163142023 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7163142023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (934kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7163142023 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7163142023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (723kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7163142023 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7163142023 TABLES.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7163142023 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7163142023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7163142023 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7163142023 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7163142023 CHAPTER I.docx.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7163142023 CHAPTER I.docx.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7163142023 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7163142023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (584kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7163142023 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7163142023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (590kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya Hasil Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri di Kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal guru dan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri di Kota Medan. Penelitian ini dilaksanakan di 1) SMK Negeri 1 Medan, yang beralamat di Jl. Sindoro No. 1, Pusat Ps., Kec. Medan Kota, Kota Medan, 2) SMK Negeri 6 Medan, yang beralamat di Jl. Jambi No. 23 D Medan, Pandau Hilir, Kec. Medan Perjuangan, Kota Medan, dan 3) SMK Negeri 7 Medan, yang beralamat di Jl. STM No. 12 E, Sitirejo II, Kec. Medan Amplas, Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi sebanyak 467 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 215 siswa, dimana pengambilan sampel Simple Random Sampling dengan teknik acak. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan realiabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 22.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 46,598 + 0,296X1 + 0,321X2. Berdasarkan model regresi tersebut diperoleh nilai koefisien komunikasi interpersonal guru (b1) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila komunikasi interpersonal guru (X1) mengalami kenaikan, maka hasil belajar akuntansi siswa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variabel bebas lainnya bernilai tetap. Begitu juga halnya nilai koefisien pengelolaan kelas (b2) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila pengelolaan kelas siswa (X2) mengalami kenaikan, maka hasil belajar akuntansi siswa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variabel bebas lainnya bernilai tetap.
Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonal guru terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai thitung sebesar 4,301 > 1,971 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Pengelolaan kelas juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai nilai thitung sebesar 7,107 > 1,971 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Selanjutnya komunikasi interpersonal guru dan pengelolaan kelas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai Fhitung sebesar 53,412 > 3,038 Ftabel dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 32,9%, sedangkan 67,1% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Komunikasi Interpersonal Guru, Pengelolaan Kelas, Hasil Belajar Akuntansi.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 22 Apr 2021 06:42
Last Modified: 22 Apr 2021 06:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41898

Actions (login required)

View Item
View Item