Perbedaan Kemampuan Spasial dan Disposisi Belajar Matematis Pada Pembelajaran Realistic Mathematic Education dan Cooperative Learning

Yustiana, Ara (2020) Perbedaan Kemampuan Spasial dan Disposisi Belajar Matematis Pada Pembelajaran Realistic Mathematic Education dan Cooperative Learning. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8176172007 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8176172007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8176172007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8176172007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8176172007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8176182007 TABLES.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8176172007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8176172007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 8176172007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (558kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan spasial siswa yang diajar melalui pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dan kemampuan spasial siswa yang diajar melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. (2) apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara disposisi matematis siswa yang diajar melalui pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dan disposisi matematis siswa yang diajar melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. (3) apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan spasial siswa. (4) apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap disposisi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Deli Serdang. Sampel penelitian diambil secara acak sehingga diperoleh dua kelas sampel. Kelas eksperimen I mendapat model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dan kelas eksperimen II mendapat pembelajaran kooperatif tipe STAD. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan spasial dan angket disposisi belajar. Analisis data dilakukan dengan analisis varians dua jalur (ANAVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan spasial siswa yang diajar melalui pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dan kemampuan spasial siswa yang diajar melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara disposisi matematis siswa yang diajar melalui pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dan disposisi matematis siswa yang diajar melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. (3) terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan spasial siswa. (4) terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap disposisi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSyahputra, Edinidn0021015706
Thesis advisorYus, Anitanidn0021075903
Call Number: 510.72 Yus p
Keywords: spasial; disposisi matematis; Realistic Mathematic Education (RME); cooperative learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 06 Apr 2021 03:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41729

Actions (login required)

View Item View Item