Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X SMA

Ritonga, Mohd. Zulfachri Fadli (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 8176172033 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8176172033 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8176172033 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8176172033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (577kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8176172033 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8176172033 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8176172033 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8176172033 PREFACE.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8176172033 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8176172033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8176172033 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8176172033 TABLES.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8176172033 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8176172033 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8176172033 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8176172033 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (920kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 8176172033 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 8176172033 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (560kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8176172033 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8176172033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (506kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis validitas perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash yang di kembangkan terhadap peningkatkan kemampuan literasi matematika siswa, (2) Menganalisis kepraktisan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash yang di kembangkan terhadap peningkatkan kemampuan literasi matematika siswa, (3) Menganalisis keefektifan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash yang di kembangkan terhadap peningkatkan kemampuan literasi matematika siswa, dan (4) Menganalisis peningkatan kemampuan literasi matematika siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash yang telah di kembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Dari hasil uji coba I, uji coba II dan tahap penyebaran diperoleh: (1) Validitas perangkat pembelajaran menurut tim ahli adalah valid; (2) Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis yaitu a) Respon Tim ahli terhadap perangkat pembelajaran dapat digunakan dengan sedikit revisi atau tanpa revisi b)Penilaian observer pada lembar Observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran yang dinyatakan dengan kategori sangat baik, (3) Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif yaitu a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai pada uji coba II yaitu 88,89% dan tahap penyebaran yaitu 91,67%, b) Tujuan pembelajaran yang dirumuskan telah tercapai, c) siswa memberi respon positif terhadap perangkat pembelajaran, d) Alokasi waktu tidak melebihi pembelajaran biasa; dan (4) Kemampuan literasi matematika menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan meningkat, ditinjau dari Skor N-Gain Tes Kemampuan Literasi Matematika mengalami peningkatan pada Uji coba I meningkat 0,39 dengan kriteria sedang, pada Uji coba II meningkat 0,44 dengan kriteria sedang dan pada tahap penyebaran meningkat 0,51 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Rit p
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Kemampuan Literasi Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2021 08:51
Last Modified: 19 May 2021 21:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41622

Actions (login required)

View Item
View Item