Pengaruh Model Project Based Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn Di Kelas IV SD Negeri 106163 Percut Sei Tuan

Simanjuntak, Luciana (2021) Pengaruh Model Project Based Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn Di Kelas IV SD Negeri 106163 Percut Sei Tuan. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8176182026 COVER.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8176182026 LEMBARAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8176182026 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8176182026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8176182026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.NIM. 8176182026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.NIM. 8176182026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8176182026 BAB I.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.NIM. 8176182026 BAB V.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8176182026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan model project based learning dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung; (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar PPKn siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dibandingkan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah; (3) Mengetahui interaksi antara model project based learningdan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa di SD Negeri 106163 Percut Sei Tuan.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri 106163 Percut Sei Tuan yang berjumlah 50 orang. Kelas IV/a sebanyak 25 siswa dan IV/b sebanyak 25 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner motivasi belajar dan instrumen tes hasil belajar PPKn.Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Two Way Anova. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan model project based learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung (Fhitung = 23,476 dan nilai sig. 0,000 > 0,05); (2) Hasil belajar PPKn siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar PPKn siswa yang memiliki motivasi belajar rendah (Fhitung = 7,673 dan nilai sig. 0,008 > 0,05); (3) Terdapat interaksi antara model project based learning dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa (Fhitung = 13,003 dan nilai sig. 0,001> 0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorPerangin-angin, Reh Bungana Berunidn0015108002
Thesis advisorSriadhi, nidn0022046310
Call Number: 372.3 Sim p
Keywords: model project based learning; motivasi belajar; hasil belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 08 Mar 2021 03:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41396

Actions (login required)

View Item View Item