PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA SMPS AHMAD YANI BINJAI DAN SMPS GAJAH MADA BINJAI

Sitompul, Juliana Naftali (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA SMPS AHMAD YANI BINJAI DAN SMPS GAJAH MADA BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8106122016 Judul.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8106122016 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8106122016 Abstrak.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8106122016 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8106122016 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8106122016 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8106122016 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8106122016 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8106122016 Bab I.pdf - Published Version

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8106122016 Bab V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8106122016 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah: (1) Hasil belajar Fisika siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri dibandingkan dengan hasil belajar Fisika siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran diskoveri, (2) Perbedaan hasil belajar Fisika siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak dengan konkret, (3) Interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar Fisika siswaPopulasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPS Ahmad Yani Binjai dan SMPS Gajah Mada Binjai yang berjumlah 252 orang dari 4 kelas VIII SMPS Ahmad Yani Binjai dan 2 kelas SMPS Gajah Mada Binjai . Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 88 sampel yang terdiri dari 44 sampel kelas VIII-3 SMPS Ahmad Yani Binjai diajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri sebagai kelas eksperimen dan 44 sampel kelas VIII-2 SMPS Gajah Mada Binjai yang diajarkan dengan strategi pembelajaran diskoveri sebagai kelas kontrol. Tes hasil belajar Fisika yang digunakan sebanyak 40 butir soal dengan 4 pilihan jawaban yang diberikan kepada siswa kelas IX. Angket gaya berpikir dilakukan untuk mengelompokkan siswa yang mempunyai gaya berpikir sekuensial abstrak dan konkret. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Uji statistik yang dilakukan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistic inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0.05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar Fisika siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri lebih tinggi daripada hasil belajar Fisika siswa yang dibelajarkan dengan strategi diskoveri, dengan Fhitung = 9.73 > Ftabel = 3.95; (2) Hasil belajar Fisika siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak lebih tinggi dari pada hasil belajar Fisika siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret, dengan Fhitung = 4.15 > Ftabel = 3.95; (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya berpikir siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa, dengan Fhitung = 250.82 > Ftabel = 3.95. Uji perhitungan lanjutan dilakukan dengan uji Scheffe yang menunjukkan perbedaan yang signifikan dari hasil belajar Fisika siswa antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri dan strategi pembelajaran diskoveri.Hipotesis ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran inkuri lebih tepat daripada strategi pembelajaran diskoveri dalam meningkatkan hasil belajar Fisika siswa, dan siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak akan memperoleh hasil yang lebih baik daripada siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitompul, Harun196007051986011001
Thesis advisorSibuea, Abdul Muin195810081981031002
Call Number: 530.071 Sit p
Keywords: Pembelajaran inkuiri; Pembelajaran diskoveri; Gaya berpikir; Strategi pembelajaran; Konkret; Abstrak
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4124

Actions (login required)

View Item View Item