PURBA, DESNAWATI RENATALINA (2020) PENGARUH HASIL BELAJAR MATA KULIAH PROFESI KEPENDIDIKAN DAN MINAT MENJADI GURU TERHADAP SOFT SKILL MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BISNIS 2017 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7161143006 COVER.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
2. NIM. 7161143006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (788kB) | Preview
3. NIM. 7161143006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (740kB) | Preview
4. NIM. 7161143006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (676kB) | Preview
5. NIM. 7161143006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (585kB) | Preview
6. NIM. 7161143006 TABLES.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
7. NIM. 7161143006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
8. NIM. 7161143006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
9. NIM. 7161143006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 7161143006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
14. NIM. 7161143006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (698kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya soft skill mahasiswa Program Studi Pendidikan Bisnis Angkatan 2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Hasil Belajar Mata Kuliah Profesi Kependidikan dan Minat Menjadi Guru Terhadap soft skill Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, Jalan Williem Iskandar Pasar V Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Bisnis Angkatan 2017 yang berjumlah 89 orang mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 89 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada responden sebanyak 48 butir pernyataan. Sementara teknis analisis data yang digunakan uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel hasil belajar mata kuliah profesi kependidikan (X1) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadapsoft skill mahasiswa dengan didapatkan thitung sebesar 2,034 > ttabel 1,987 dengan taraf signifikan α 0,000 < 0,05. Sama halnya dengan variabel Minat Menjadi Guru(X2) berpengaruh positif dan signifikansi secara parsial terhadapsoft skill mahasiswa dengan nilai thitung sebesar 7,979 > nilai ttabel sebesar 1,987 dan taraf signifikan α 0,002 < 0,05. Secara simultan variabel hasil belajar mata kuliah profesi kependidikan dan minat menjadi guru terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap soft skill mahasiswa dengan nilai Fhitung sebesar 35,986> Ftabel 3,10 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Variabel bebas dalam penelitian ini mempunyai kontribusi sebesar nilai 45,6% terhadapsoft skill mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar Mata Kuliah Profesi Kependidikan, Minat Menjadi Guru, Dan Soft Skill. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 17 Feb 2021 01:09 |
Last Modified: | 17 Feb 2021 01:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41173 |