PENERAPAN BRAIN BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Afifah, Nur (2013) PENERAPAN BRAIN BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 081188710006 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 081188710006 Judul.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 2. 081188710006 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 081188710006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (915kB) | Preview
[thumbnail of 3. 081188710006 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 081188710006 Abstrak.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 4. 081188710006 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 081188710006 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 5. 081188710006 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 081188710006 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 6. 081188710006 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 081188710006 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 7. 081188710006 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 081188710006 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 8. 081188710006 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 081188710006 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 9. 081188710006 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 081188710006 Bab I.pdf - Published Version

Download (749kB) | Preview
[thumbnail of 10. 081188710006 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 081188710006 Bab V.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 11. 081188710006 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 081188710006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan brain based learning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) mengetahui perbedaan motivasi siswa terhadap matematika antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan brain based learning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (3) mendeskripsikan ragam jawaban siswa dalam soal-soal pemecahan masalah matematika untuk masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuasieksperimen.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Cerdas Murni Tembung. Variabel-variabel dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran brain based learning dan pembelajaran biasa sebagai variabel bebas, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Instrumen yang digunakan adalah: (1) tes kemampuan pemecahan masalah, (2) angket motivasi siswa terhadap matematika. Sedangkan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Lembar Aktivitas Siswa (LAS). Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi validitas isi serta koefisien reliabilitas tes pemecahan masalah sebesar 0,817 dan angket motivasi siswa terhadap matematika 0,898.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan brain based learning lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Besarnya nilai signifikan yang diperoleh dari Uji-tdengan taraf sgnifkan 5% maka didapat thitung = 3,994 > ttabel = 1,994. (2) motivasi siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan brain based learning lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran biasa. Besarnya nilai signifikan yang diperoleh dari Uji-tdengan taraf signifikan 5% maka didapat thitung = 2,552 > ttabel = 1,994. (3) proses jawaban siswa dalam pembelajaran brain based learninglebih teraturjika dibandingkan dengan proses jawaban siswa dalam pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil penelitan ini, maka peneliti menyarankan agar pendekatan brain based learning dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untuk dikembangkan sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa serta menumbuhkan motivasitinggi siswa terhadap matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Nur p
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Pembelajaran biasa; Pembelajaran matematika; Pemecahan masalah; Brain based learning
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 21 Apr 2016 07:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4088

Actions (login required)

View Item
View Item