DAMAYANTI, ISMA (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AKTIVITAS LITERASI BERBASIS MULTIMODAL DI KELAS IV SDS AMIR HAMZAH. Masters thesis, UNIMED.
|
Other
1__NIM__8186181015_COVER.PDF - Published Version Download (121kB) | Preview |
|
|
Other
3__NIM__8186181015_ABSTRACT.PDF - Published Version Download (210kB) | Preview |
|
|
Other
4__NIM__8186181015_PRERFACE.PDF - Published Version Download (235kB) | Preview |
|
|
Other
5__NIM__8186181015_TABLE_OF.PDF - Published Version Download (167kB) | Preview |
|
|
Other
6__NIM__8186181015_TABLES.PDF - Published Version Download (138kB) | Preview |
|
|
Other
7__NIM__8186181015_ILLUSTRA.PDF - Published Version Download (112kB) | Preview |
|
|
Other
8__NIM__8186181015_CHAPTER_.PDF - Published Version Download (564kB) | Preview |
|
|
Other
13__NIM__8186181015_BIBLIOG.PDF - Published Version Download (359kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tersedianya bahan ajar yang menyediakan aktivitas literasi di sekolah dasar sehingga kurang beragamnya kegiatan literasi yang dilakukan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis proses pengembangan bahan ajar aktivitas literasi berbasis multimodal di SDS Amir Hamzah. (2) Menganalisis hasil kelayakan bahan ajar aktivitas literasi berbasis multimodal di SDS Amir Hamzah. (3) Menganalisis hasil keefektifan bahan ajar aktivitas literasi berbasis multimodal di SDS Amir Hamzah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analize, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDS Amir Hamzah tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 21 orang siswa. Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi ahli, angket respon siswa dan guru serta, rubrik penilaian unjuk kerja keterampilan aktivitas literasi siswa menggunakan bahan ajar aktivitas literasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan bahan ajar aktivitas literasi berbasis multimodal meliputi lima langkah yaitu: Analize (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), dan Evaluation (penilaian). (2) bahan ajar aktivitas literasi berbasis multimodal layak digunakan dengan persentase rata-rata mencapai 88,47% kriteria sangat layak. (3) Bahan ajar aktivitas literasi berbasis multimodal efektif digunakan dengan nilai gain score sebesar 0,575.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Call Number: | 371.3 Dam p | |||||||||
Keywords: | Aktivitas literasi; Bahan ajar; Multimodal | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
|||||||||
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar | |||||||||
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah | |||||||||
Date Deposited: | 20 Nov 2020 11:42 | |||||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40843 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |