PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA

Saragih, Donnaria (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 081188710008 Judul.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 081188710008 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 081188710008 Abstrak.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 081188710008 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 081188710008 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 081188710008 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 081188710008 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 081188710008 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 081188710008 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 081188710008 Bab I.pdf - Published Version

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 081188710008 Bab V.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 081188710008 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa memecahkan masalah matematika yang disebabkan rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan di SMA Sw YAPIM Mabardengan subjek penelitian adalah siswa kelas X-1 dan objek penelitian adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa.Dalam pelaksanaan penelitian ini telah dikembangkan perangkat dan instrumen penelitian, antara lain: (1) rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) buku pegangan guru, (3) buku petunjuk siswa, (4) lembar kegiatan siswa (5) tes kemampuan berpikir kreatif , (6) tes ketuntasan hasil belajar, (7) lembar observasi aktivitas aktif siswa, (8) angket respon siswa, yangtelah divalidasi oleh pakar dan diujicobakan di lapangan, dan dinyatakan layak digunakan dalam penelitian ini.Hasil analisis data diperoleh gambaran bahwa: (1) rata-rata nilai tes kemampuan berpikir kreatif (TKBK) siswa sebesar 50,67 (41,67%)pada siklus I meningkat menjadi 65,42 (83,33%) pada siklus II, (2) rata-rata nilai tes ketuntasan hasil belajar (TKHB) siswa sebesar 61,67 (58,33%) pada siklus 1 meningkat menjadi 75,83 (91,67%)pada siklus II, (3) kadar aktivitas aktif siswa pada silkus II telah memenuhi persentase waktu ideal yang ditetapkan dalam bab III,(4) terdapat peningkatan respon positif siswa dari 89,38% pada siklus I menjadi 95,84% pada siklus II. Berdasarkan hasil pada siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSinaga, Bornok196509101991021001
Thesis advisorArmanto, Dian196311101988031001
Call Number: 510.071 Sar p
Keywords: Pembelajaran matematika; Berpikir kreatif; Pembelajaran berbasis masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4079

Actions (login required)

View Item View Item