PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN GENERIK SAINS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Azaria, Widya (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN GENERIK SAINS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 4151131042 COVER.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text
2. NIM. 4151131042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text
3. NIM. 4151131042 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (394kB)
[img] Text
4. NIM. 4151131042 PREFACE.pdf - Published Version

Download (402kB)
[img] Text
5. NIM. 4151131042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (608kB)
[img] Text
9. NIM. 4151131042 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (404kB)
[img] Text
13. NIM. 4151131042 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (346kB)
[img] Text
14. NIM. 4151131042 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (452kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerepan model Problem Based Learning terhadap kemampuan generik sains siswa pokok bahasan larutan penyangga. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MA Negeri 3 Medan tahun pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil secara random sampling, yakni kelas eksperimen (dengan model PBL) dan kelas kontrol (dengan model DI). Teknik pengumpulan data dengan metode tes, berupa soal-soal pokok bahasan larutan penyangga untuk mengukur hasil belajar kimia dan kemampuan generik sains siswa (pilihan berganda) Persyaratan uji normalitas menggunakan uji kolmogrov-smirnov, persyaratan uji homogenitas menggunakan uji levene. Analisis data menggunakan uji t dengan teknik independent sample t-test menggunakan SPSS versi 20. Berdasarkan analisa data, nilai rata- rata hasil belajar siswa yang menggunakan model problem based learning meningkat dari 34,02 menjadi 80 dibandingkan dengan model DI dari 31,94 menjadi 74,58. Hal ini didukung oleh hasil uji hipotesis, diperoleh data bahwa sig (2-tailed) < α atau 0,003 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dari data menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat berpengaruh terhadap kemampuan generik sains siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDibyantini, Ratu EvinaUNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 KIM 129
Keywords: Kemampuan generik sains; Problem based learning; Larutan penyangga; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2020 01:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40501

Actions (login required)

View Item View Item