Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Pengantar Ekonomi dengan Mengontrol Pengetahuan Awal

Thamrin, Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Pengantar Ekonomi dengan Mengontrol Pengetahuan Awal. Doctoral thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8174424027 COVER.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8174424027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8174424027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8174424027 ACKNOWLEDGMENT.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8174424027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8174424027 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8174424027 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8174424027 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8174424027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8174424027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 8174424027 REFERENCE.pdf - Published Version

Download (850kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar Pengantar Ekonomi mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah (PBM) dan dibelajarkan dengan strategi pembelajaran langsung dengan mengontrol pengetahuan awal, (2). pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar Pengantar Ekonomi mahasiswa dengan mengontrol pengetahuan awal, (3). perbedaan hasil belajar Pengantar Ekonomi mahasiswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi yang dibelajarkan dengan strategi PBM dan yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran langsung dengan mengontrol pengetahuan awal, (4) perbedaan hasil belajar Pengantar Ekonomi mahasiswa dengan kecerdasan logis matematis rendah yang dibelajarkan dengan strategi PBM dan yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran langsung dengan mengontrol pengetahuan awal. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah 90 orang mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi yang sedang mengikuti perkuliahan Pengantar Ekonomi yang dipilih secara random. Teknik analisis data menggunakan ANCOVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). hasil belajar Pengantar Ekonomi mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi PBM lebih tinggi dari mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran langsung dengan mengontrol pengetahuan awal, (2). terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar Pengantar Ekonomi dengan mengontrol pengetahuan awal, (3). hasil belajar mahasiswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi dibelajarkan dengan strategi PBM lebih tinggi dari mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran langsung dengan mengontrol pengetahuan awal, (4). hasil belajar mahasiswa yang memiliki kecerdasan logis matematis rendah yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran langsung lebih tinggi dari mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi PBM denga mengontrol pengetahuan awal. Berdasarkan hasil penelitian ini maka untuk meningkatkan hasil belajar Pengantar Ekonomi mahasiswa dilakukan dengan menerapkan strategi PBM dengan memperhatikan karakteristik mahasiswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSaragih, Abdul Hasannidn0025116007
Thesis advisorSibuea, Abdul Muinnidn0008105817
Call Number: 371.3 Tha p
Keywords: Strategi PBM; Kecerdasan logis matematis; strategi pembelajaran langsung; pengetahuan awal dan hasil belajar Pengantar Ekonomi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 13 Aug 2020 05:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40324

Actions (login required)

View Item View Item