PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN MENULIS TEKS CERPEN BERBASIS PORTOFOLIO DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PANAI TENGAH

SIREGAR, SRI LESTARI (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN MENULIS TEKS CERPEN BERBASIS PORTOFOLIO DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PANAI TENGAH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8166192025 COVER.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8166192025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (972kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8166192025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8166192025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8166192025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8166192025 TABLES.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8166192025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8166192025 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8166192025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8166192025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8166192025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menghasilkan instrumen penilaian menulis teks cerpen berbasis portofolio. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) yang mengacu pada pengembangan Borg dan Gall (dalam Tegeh dkk, 2014:7-13). Proses pengembangan modul dilakukan dengan tiga tahapan yaitu tahap studi pendahuluan, pengembangan produk awal dan uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kelayakan oleh ahli materi ahli materi terdiri dari 4 aspek yaitu aspek kalayakan isi diperoleh rata-rata 77 dengan kriteria efektif, Aspek kelayakan penyajian diperoleh rata-rata 92,5 dengan kriteria sangat efektif, aspek kelayakan bahasa diperoleh rata-rata 77 dengan kriteria efektif, dan aspek penilaian kotekstual diperoleh rata-rata 79,9 dengan kriteria efektif, Penilaian kelayakan oleh ahli evaluasi instrumen diperoleh rata-rata 85 dengan kriteria sangat efektif. Penilaian menginterpretasi makna teks cerita pendek, baik secara lisan maupun tulisan memenuhi kriteria reliabel dengan reliabilitas sebesar 0,7, Penilaian mengidentifikasi abstrak, orientasi, komplikasi, resolusi, evaluasi, dan koda memenuhi kriteria reliabel dengan reliabilitas sebesar 0,7 dan Penilaian menulis teks cerita pendek memenuhi kriteria reliabel dengan reliabilitas sebesar 0,97. Penelitian ini berimpilkasi dalam penggunaan instrumen penilaian menulis teks cerpen berbasis portofolio.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorGafari, M.Oky Fardiannidn0015017903
Thesis advisorLubis, Malannidn0018076705
Call Number: 808.02 Sir p
Keywords: instrumen, pengembangan, portofolio
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 10 Aug 2020 09:37
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40258

Actions (login required)

View Item View Item