TARIGAN, FRANS K (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE ( TPS ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMK NEGERI 1 ERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5133111015 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
3. NIM. 5133111015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4. NIM. 5133111015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
5. NIM. 5133111015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM. 5133111015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
8. NIM. 5133111015 BAB I.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
12. NIM. 5133111015 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
13. NIM. 5133111015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Gambar Teknik pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Dan Properti SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan belum optimal dilihat dari nilai ulangan harian pada mata pelajaran Gambar Teknik, peneliti menemukan bahwa hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan pada tahun pelajaran 2017/2018 dari 24 siswa terdapat hanya 1
siswa atau 4,16% dalam predikat Sangat Kompeten, 2 siswa atau 8,33% dalam predikat Kompeten, 13 siswa atau 54,16% dalam predikat Cukup Kompeten, dan 8 siswa atau 33,33% dalam predikat Tidak Kompeten dari ketentuan kriteria
minimum yaitu 75. Penelitian bertujuan untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik siswa kelas X di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting) dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think- Pair-Share pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 24 orang. Pada siklus I didapatkan aktivitas belajar siswa 5 orang atau 20,84% dalam kriteria Sangat Aktif, 5 orang atau 20,84% dalam kriteria Aktif, 7 orang atau 29,16% dalam kriteria Cukup Aktif, 7 orang atau 29,16% dalam kriteria Kurang Aktif, dan hasil belajar pada siklus I didapatkan hasil belajar siswa 1 orang atau 4,16% dalam kategori Sangat kompeten, 6 orang atau 25% dalam kategori Kompeten, 5 orang atau 20,84% dalam Kategori Cukup Kompeten, 12 orang atau 50% dalam kategori Kurang
Kompeten dengan rata – rata nilai 75,37 sementara pada siklus II didapatkan aktivitas belajar 7 orang siswa atau 29,17% dalam kriteria Sangat aktif, 11 orang atau 45,83% dalam kriteria Aktif, 6 orang atau 25% dalam kriteria Cukup Aktif, dan tidak ada siswa dalam kriteria Kurang Aktif, dan hasil belajar pada siklus II didapatkan hasil belajar siswa 5 orang atau 20,84% dalam kategori Sangat Kompeten, 18 orang atau 75% dalam kategori Kompeten, 1 orang atau 4,16%
dalam kategori Cukup Kompeten, dan tidak ada siswa dalam kategori Kurang Kompeten dengan rata-rata nilai 86,62. Maka peningkatan yang terjadi antara siklus I dan II pada aktivitas belajar dari 70,84% menjadi 100%, maka dengan
hasil tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Gambar Teknik siswa kelas X Kompetensi keahlian Teknik Konstruksi Dan Properti SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 BAN 023 |
Keywords: | Aktivitas Dan Hasil Belajar,Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share,Gambar Teknik |
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 16:37 |
Last Modified: | 03 Aug 2020 01:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39910 |