PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMP SWASTA DWITUNGGAL TANJUNG MORAWA

SARI, YUNITA (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMP SWASTA DWITUNGGAL TANJUNG MORAWA. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
1. NIM. 8136172095 COVER.pdf - Published Version

Download (271kB)
[img] Text
2. NIM. 8136172095 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text
3. NIM. 8136172095 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text
4. NIM. 8136172095 PREFACE.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text
5. NIM. 8136172095 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text
6. NIM. 8136172095 TABLES.pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text
7. NIM. 8136172095 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text
8. NIM. 8136172095 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (922kB)
[img] Text
12. NIM. 8136172095 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text
13. NIM. 8136172095 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (497kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) Apakah terdapat perbedaan peningkatan self efficacy antara siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (3) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, dan (4) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan self efficacy siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swasta Dwitunggal Tanjung Morawa. Kemudian dipilihlah kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan awal matematika, tes berpikir kritis matematis dan angket self efficacy. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan persentase pencapaian skor siswa pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran biasa. Analisis inferensial data dilakukan dengan ANAVA 2 Jalur. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) Terdapat perbedaan peningkatan self efficacy antara siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, dan (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan self efficacy siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan: Pembelajaran berbasis masalah dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan self efficacy siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSurya, Edynidn0019106708
Thesis advisor, Asminnidn0004085705
Keywords: KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS, SELF EFFICACY, PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 20 Jul 2020 16:37
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39908

Actions (login required)

View Item View Item