PERBEDAAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI HEWAN VERTEBRATA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN GUIDED INQUIRY DI KELAS X MIA SMA NEGERI 6 BINJAI T.P. 2018/ 2019

Saif, Annisa Hazrina (2019) PERBEDAAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI HEWAN VERTEBRATA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN GUIDED INQUIRY DI KELAS X MIA SMA NEGERI 6 BINJAI T.P. 2018/ 2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 4151141004 COVER.pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Text
2. NIM. 4151141004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text
3. NIM. 4151141004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (64kB)
[img] Text
4. NIM. 4151141004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (349kB)
[img] Text
5. NIM. 4151141004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text
9. NIM. 4151141004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (360kB)
[img] Text
13. NIM. 4151141004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text
14. NIM. 4151141004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model Inkuiri terbimbing. Keterampilan proses sains yang digunakan dalam penelitian ini meliputi keterampilan mengamati, berhipotesis, menerapkan konsep, mengajukan pertanyaan, dan berkomunikasi. Penelitian ini dilaksanakn di SMA Negeri 6 Binjai dengan metode kuasi eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel bertujuan (purposive sampling). Sampel penelitian meliputi kelas Pembelajaran berbasis masalah berjumlah 35 siswa dan kelas inkuiri terbimbing berjumlah 35 siswa. Analisis nilai keterampilan proses sains pada uji hipotesis diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,038 < 0,05. Hal tersebut, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains siswa di kelas pembelajaran berbasis masalah dengan kelas inkuiri terbimbing pada materi hewan vertebrata. Keterampilan proses sains yang mendapatkan nilai tertinggi yaitu keterampilan menerapkan konsep.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSuriani, Cicik0010066606
Call Number: SK-2019 BIO 178
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Inkuiri terbimbing; Hewan vertebrata; Keterampilan proses sains; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology
Q Science > QL Zoology > QL605 Chordates. Vertebrates
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Jul 2020 06:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39779

Actions (login required)

View Item View Item