PERBEDAAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI SIKAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN BANTUAN GEOGEBRA DAN TANPA BANTUAN GEOGEBRA

Simanjuntak, Sinta Dameria (2012) PERBEDAAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI SIKAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN BANTUAN GEOGEBRA DAN TANPA BANTUAN GEOGEBRA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 081188710002 Judul.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 081188710002 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 081188710002 Abstrak.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 081188710002 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 081188710002 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 081188710002 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 081188710002 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 081188710002 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 081188710002 Bab I.pdf - Published Version

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 081188710002 Bab V.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 081188710002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang difokuskan pada kemampuan pemahaman matematis dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang dikaitkan dengan kemampuan awal siswa dan sikap siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 4 Balige. Dengan menggunakan teknik sampling kelompok acak dua tingkat diperoleh dua kelas masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran kooperatif STAD berbantuan Geogebra dan pada kelas kontrol diberikan perlakuan pembelajaran kooperatif STAD tanpa bantuan Geogebra. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan awal, tes pemahaman matematis, tes pemecahan masalah dan tes sikap. Instrumen yang digunakan telah dinyatakan valid dan realibel untuk mengukur kemampuan yang akan diukur. Validitas dan reabilitas dari setiap instrumen yang diukur adalah sebagai berikut : (1) Validitas tes kemampuan pemahaman matematis untuk lima soal yang disajikan secara berurutan adalah 0,54 ; 0,73 ; 0,54 ; 0,83 ; dan 0,63 dengan reabilitas senilai 0,66, (2) Validitas tes kemampuan pemecahan masalah untuk lima soal yang disajikan secara berurutan adalah 0,44 ; 0,48 ; 0,79 ; 0,74 ; dan 0,65 dengan reabilitas senilai 0,63, (3) Validitas angket sikap siswa yang diberikan sebelum pembelajaran, yang terdiri dari 45 item skala sikap memberikan hasil 8 tes memerlukan revisi, 3 tes dibuang dan selebihnya adalah valid dengan reabilitas 0,88. Sedangkan validitas angket sikap pada kelas kontrol yang terdidri dari 20 tes skala sikap memberikan hasil dua item memerlukan revisi dan selebihnya adalah valid dengan reabilitas 0,81. Selanjutnya validitas angket sikap siswa pada kelas eksperimen dengan 20 item skala sikap memberikan hasil 3 item memerlukan revisi, 1 tes dibuang dan selebihnya adalah valid dengan reabilitas 0,80.Analisis data yang digunakan adalah uji t, analisis varian dua arah untuk melihat interaksi dan anakova. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui penerapan STAD dengan menggunakan software Geogebra lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa menggunakan software Geogebra, (2) Kemampuan pemahaman matematis siswa yang memiliki sikap positif terhadap matematika lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki sikap negatif terhadap matematika, (3) Kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran melalui penerapan STAD menggunakan software Geogebra lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran STAD tanpa software Geogebra, (4) Kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki sikap positif terhadap matematika lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki sikap negatif terhadap matematika, (5) Tidak terjadi Interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap kemampuan pemahaman matematis atau kemampuan pemecahan masalah siswa dan (6) Tidak terjadi interaksi antara sikap siswa dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman matematis atau kemampuan pemecahan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArmanto, Dian196310111988031001
Thesis advisorSinaga, Bornok196509101991021001
Call Number: 510.071 Sim p
Keywords: Pemahaman matematis; Sikap; Geogebra; Pemecahan masalah; Media teknologi komputer; Pembelajaran kooperatif STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3955

Actions (login required)

View Item View Item