PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK DI SMK NEGERI 5 MEDAN T.A. 2019/2020

Syahputra, Suhendri (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK DI SMK NEGERI 5 MEDAN T.A. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM 5151121032 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB)
[img] Text
2. NIM 5151121032 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text
3. NIM 5151121032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (602kB)
[img] Text
4. NIM 5151121032 PREFACE.pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text
5. NIM 5151121032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text
6. NIM 5151121032 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text
7. NIM. 5151121032 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text
8. NIM 5151121032 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text
9. NIM. 5151121032 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (377kB)
[img] Text
13. NIM 5151121032 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text
14. NIM 5151121032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran menggambar teknik di SMK Negeri 5 Medan T.A 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah True Experimental yaitu Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Pemesinan yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik simple random sampling yaitu kelas X TPM 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang dan kelas X TPM 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 34 orang. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi daripada hasil belajar model pembelajarn ekspositori pada mata pelajaran menggambar teknik kelas X SMK Negeri 5 Medan T.A 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorPurba, Sautnidn0006086111
Call Number: 2019-MSN-088
Keywords: Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Model Pembelajaran Ekspositori; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 15 Jun 2020 08:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39475

Actions (login required)

View Item View Item