STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KREATIVITAS MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PENDEKATAN KONVENSIONAL

Sitanggang, Ahmadin (2012) STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KREATIVITAS MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PENDEKATAN KONVENSIONAL. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 071188830003 Judul.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 071188830003 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 071188830003 Abstrak.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 071188830003 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 071188830003 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 071188830003 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 071188830003 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 071188830003 Daftar Grafik.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 071188830003 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 071188830003 Bab I.pdf - Published Version

Download (856kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 071188830003 Bab V.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. 071188830003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensioal, (2) Untuk mengetahui apakah kreativitas matematika siswa yang dibelajarkan dengan Pendekatan matematika realistik (PMR) lebih baik dari kreativitas matematika siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensional.Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP 30 Medan Kelas VIII. Sampel yang dipilih adalah kelas VIII-7 (kelas eksperimen) sebanyak 45 siswa, kelas yang diberi perlakuan pendekatan matematika realistic dan siswa kelas VIII-1 sebanyak 45 siswa sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pendekatan konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemecahan masalah dan tes kreativitas matematika. Analisis data dilakukan dengan ANAKOVA dan ANAVA.Hasil utama dari penelitian ini adalah: (1) Secara keseluruhan siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan matematika realistik secara signifikan lebih baik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dibandingkan siswa yang menggunakan pendekatan konvensional, (2) Kreativitas matematika siswa yang memperoleh pendekatan matematika realistik lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan pendekatan konvensional. Peneliti menyarankan : 1) pendekatan matematika realistik menjadi alternatif di kelas yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas matematika siswa;2) peneliti selanjutnya dapat mengadaptasi langkah-langkah dan memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSinaga, Bornok196509101991021001
Thesis advisorSaragih, Sahat196102051988031003
Call Number: 510.071 Sit s
Keywords: Kreativitas; Pendekatan matematika realistik; Kemampuan pemecahan masalah; Pendekatan konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3936

Actions (login required)

View Item View Item