ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 27 MEDAN T.A. 2018/2019

Andini, Risa (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 27 MEDAN T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM 4151111080 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text
2. NIM 4151111080 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text
4. NIM 4151111080 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB)
[img] Text
5. NIM 4151111080 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text
6. NIM 4151111080 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text
10. NIM 4151111080 BAB I.pdf - Published Version

Download (405kB)
[img] Text
14. NIM 4151111080 BAB V.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text
15. NIM 4151111080 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan Model Kooperatife Tipe STAD (Student Teams Achievment Division) pada Siswa kelas VII di SMP Negeri 27 MEDAN. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas VII-6 SMP Negeri 27 Medan tahun ajaran 2018/2019. Pemilihan subjek dalam penelitian ini berdasarkan teknik pengambilan purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian data diperoleh tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu kemampuan pemecahan masalah sangat rendah sebanyak 5 orang (16.1%), kemampuan pemecahan masalah rendah sebanyak 5 orang (16.1%), kemampuan pemecahan masalah sedang sebanyak 11 orang (35.4%), kemampuan pemecahan masalah tinggi sebanyak 9 orang (29.0%) dan kemampuan pemecahan masalah sangat tinggi sebanyak 1 orang (3.2%). Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah sangat tinggi siswa mengalami kesulitan pada indikator memeriksa kembali, kemampuan pemecahan masalah tinggi untuk indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu memahami masalah, merencanakan masalah, melaksanakan rencana siswa tidak memiliki kesulitan tetapi pada indikator memeriksa kembali siswa masih kesulitan. Kemampuan pemecahan masalah sedang untuk indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu memahami masalah, merencanakan masalah, siswa tidak memiliki kesulitan tetapi pada indikator melaksanakan rencana dan memeriksa kembali siswa masih kesulitan dalam melakukannya. Kemampuan pemecahan masalah rendah untuk indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu memahami masalah siswa tidak memiliki kesulitan tetapi pada indikator merencanakan masalah, melaksanakan rencana memeriksa kembali siswa masih kesulitan dalam melakukannya dan kemampuan pemecahan masalah sangat rendah adanya kesulitan prinsip dan prosedur yaitu meliputi ketidak mampuan siswa dalam melaksanakan pemecahan masalah yaitu memahami masalah, merencanakan masalah, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSyafari, 0029095405
Call Number: SK-2019 MAT 089
Keywords: Student Teams Achievment Division; Kemampuan pemecahan masalah; Pembelajaran kooperatif; Persegi panjang; Persegi; Segiempat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 29 May 2020 18:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39350

Actions (login required)

View Item View Item