UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DI KELAS VIII SMP SWASTA PEMBANGUN MEDAN T.A. 2018/2019

Yuliandari, Rica (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DI KELAS VIII SMP SWASTA PEMBANGUN MEDAN T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 4152111050 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB)
[img] Text
2. NIM. 4152111050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text
3. NIM. 4152111050 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text
4. NIM. 4152111050 PREFACE.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text
5. NIM. 4152111050 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text
9. NIM. 4152111050 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (474kB)
[img] Text
13. NIM. 4152111050 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text
14. NIM. 4152111050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (339kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) di kelas VIII-B SMP Swasta Pembangun Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Swasta Pembangun Medan yang berjumlah 31 orang dan objek penelitiannya adalah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan siswa dalam komunikasi matematis. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes kemampuan awal untuk mengetahui kemampuan awal siswa terhadap soal komunikasi matematis dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil tes awal diketahui tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa adalah sangat rendah dengan nilai rata-rata kelas 54,06 dimana siswa yang mencapai target keberhasilan adalah 11 orang dari 31 orang siswa (35,48%). Setelah pemberian tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa adalah rendah dengan nilai rata-rata 72,55. Dimana siswa yang mencapai target keberhasilan adalah 18 orang dari 31 orang siswa (58,6%), dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah 2,83 dengan kategori baik. Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakan siklus II, tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa adalah tinggi dengan nilai rata-rata 82,22. Dimana siswa yang mencapai target keberhasilan adalah 27 orang dari 31 orang siswa (87,1%), dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah 3,6 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VIII-B SMP Swsata Pembangun Medan saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) sebagai alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMukhtar, 0010065709
Call Number: SK-2019 MAT 092
Keywords: Komunikasi matematika; Pembelajaran kooperatif; Lingkaran; Model pembelajaran; Think talk write
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 29 May 2020 17:28
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39348

Actions (login required)

View Item View Item