PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 36 MEDAN T.A 2018/2019

Damanik, Novalina (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 36 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4143311026 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4143311026 COVER.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4143311026 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4143311026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (527kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4143311026 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4143311026 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4243311026 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4243311026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4143311026 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4143311026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4143311026 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4143311026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (608kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4143311026 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4143311026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4143311026 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4143311026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 36 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitiaan ini adalah penelitian tindak kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMP Negeri 36 Medan sebanyak 32 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi aritmatika sosial.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pedoman Observasi Pelaksanaan Pembelajaran. Tes yang diberikan berbentuk uraian yang terlebih dahulu sudah divalidasi oleh bantuan tiga validator, yaitu dua orang dosen matematika Unimed dan seorang guru matematika SMP Negeri 36 Medan.
Untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam memecahkan masalah maka diberikan tes awal dan diperoleh skor rata-rata siswa 13.5 atau 52,1% dalam kategori sangat rendah. Setelah diberikan tindakan pada siklus I, maka diberikan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah I. Dari hasil tes diperoleh skor rata-rata siswa 25,4 atau 65,3% dalam kategori sedang serta siswa yang tuntas dalam memecahkan masalah sebanyak 17 siswa (53,1%). Karena persentase ketuntasan pemecahan masalah belum tercapai maka pemberian tindakan dilanjutkan pada siklus II. Setelah diberikan tindakan pada siklus II, maka diberikan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah II. Dari hasil tes diperoleh skor rata-rata siswa 31,7 atau 81,3% dalam kategori tinggi serta siswa yang tuntas dalam memecahkan masalah sebanyak 29 siswa (90,6%). Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah tuntas dalam belajar, terdapat ≥85% siswa yang memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah sedang. Dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan banyak siswa yang mencapai ketuntasan pemecahan masalah sebanyak 12 siswa (37,5%) dan skor rata-rata meningkat sebesar 6,3.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII-3 SMP Negeri 36 Medan pada materi aritmatika sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pemecahan masalah; Pembelajaran kooperatif; Aritmatika sosial; Think pair share; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 29 May 2020 16:43
Last Modified: 29 May 2020 16:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39345

Actions (login required)

View Item
View Item