PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI KUALUH HULU YANG BELAJAR MELALUI PENDEKATAN INKUIRI DAN OPEN ENDED

Agustin, Maulida (2019) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI KUALUH HULU YANG BELAJAR MELALUI PENDEKATAN INKUIRI DAN OPEN ENDED. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM 4143311021 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB)
[img] Text
2. NIM 4143311021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text
3. NIM 4143311021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (47kB)
[img] Text
4. NIM 4143311021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text
5. NIM 4143311021 CONTENTS.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text
6. NIM 4143311021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text
7.NIM 4143311021 TABLES.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text
8. NIM 4143311021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text
9. NIM 4143311021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (474kB)
[img] Text
13. NIM 4143311021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text
14. NIM 4143311021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (62kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang belajar melalui pendekatan inkuiri lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang belajar melalui pendekatan open ended kelas VIII SMP Negeri 1 Kualuh Hulu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Kualuh Hulu. Tahun ajaran 2018/2019 yang tersebar pada 6 kelas dengan jumlah siswa 180 orang.Sampel yang dipilih dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas dan dipilih secara acak yaitu kelas VIII-2 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII-4 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas ekperimen B. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian ini berupa pretes dan postes yang berbentuk essay tes dan berjumlah 4 soal. Sebelum instrumen diberikan pada siswa, terlebih dahulu instrumen divalidkan oleh 2 dosen UNIMED dan 1 guru SMP Negeri 1 Kualuh Hulu. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas data.Dan uji hipotesis digunakan uji-t. Hasil uji statistik Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang belajar melalui pendekatan inkuiri diperoleh rata-rata pretes 40,166, dengan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 25 serta simpangan baku 122,38 dan rata-rata post-test 73,1667, dengan nilai tertinggi 87,5dan nilai terendah 50 serta simpangan baku 84,8851. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang belajar melalui pendekatan open ended diperoleh rata-rata pretest 38,3, dengan nilai teringgi 75 dan nilai terendah 25 serta simpangan baku 11,3552dan rata-rata postest 66,583 dengan nilai tertinggi 82,5 dan nilai terendah 45 serta simpangan baku 94,174. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 2,6948 >1,671 pada taraf signifikan 95% dan α=0,05 dengan kata lain hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang belajar melalui pendekatan inkuiri lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang belajar melalui pendekatan open ended pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kualuh Hulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMinarni, Ani0010106511
Call Number: SK-2019 MAT 096
Keywords: Pemecahan masalah; Pendekatan inkuiri; Pendekatan open ended; Lingkaran; Pendekatan pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 29 May 2020 15:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39342

Actions (login required)

View Item View Item