Ompusunggu, Vera Dewi Kartini (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK DAN SIKAP POSITIF TERHADAP MATEMATIKA SISWA SMP NASRANI 2 MEDAN MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106171039 Judul.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. 8106171039 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
3. 8106171039 Abstrak.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. 8106171039 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. 8106171039 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. 8106171039 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. 8106171039 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. 8106171039 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
9. 8106171039 Bab V.pdf - Published Version
Download (845kB) | Preview
10. 8106171039 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (832kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian dalam desain Eksperimen semu ini menyelidiki peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa, sikap positif matematika siswa, dan Interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemahaman dan sikap positif matematik siswa. Proses penyelesaian masalah yang dibuat oleh siswa dalam membentuk dan menyelesaikan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Nasrani 2 Medan sebanyak 30 siswa, Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 (dua) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Data diperoleh melalui tes KAM, tes kemampuan pemahaman matematik. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dalam penelitian dan normalitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata tes kemampuan pemahaman kelas eksperimen adalah 34,64 dan kelas kontrol adalah 22,71 dengan nilai sig = 0, dengan 0 < α = 0,05 maka terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematik siswa yang diajarkan dengan Pendekatan Problem Posing dengan Pendekatan Pembelajaran Konvensional, nilai signifikan sebesar 0,384, karena 0,384 > 0,05 maka tidak adanya interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap perbedaan kemampuan pemahaman matematik siswa. Proses penyelesaian masalah yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan masalah pada Pendekatan Problem Posing lebih bervariasi daripada Pendekatan Pembelajaran Konvensional. Temuan penelitian merekomendasikan Problem Posing dijadikan salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan di sekolah utamanya untuk mencapai kompetensi berpikir tinggi. Rata-rata sikap siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda, rata-rata sikap kelas eksperimen 59,56 dan kelas kontrol 51,18. dapat dikatakan bahwa secara umum sikap siswa terhadap matematika baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol sangat positif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Omp p |
Keywords: | Pendekatan problem posing; Pemahaman matematika; Sikap positif; Pembelajaran biasa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 15 May 2016 15:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3933 |