Efektivitas Teknik Papan Cerita Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Swasta ERIA Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020

Pasaribu, Krus Sintabella (2019) Efektivitas Teknik Papan Cerita Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Swasta ERIA Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
1. NIM 2151111031 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text
2. NIM 2151111031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (517kB)
[img] Text
3. NIM 2151111031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text
4. NIM 2151111031 PREFACE.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text
5. NIM 2151111031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text
6. NIM 2151111031 TABLE.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text
7. NIM 2151111031 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text
8. NIM 2151111031 APPENDIX LIST.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text
9. NIM 2151111031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (258kB)
[img] Text
13. NIM 2151111031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (88kB)
[img] Text
14. NIM 2151111031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (122kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik papan cerita terhadap kemampuan menulis puisi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Swasta ERIA Medan dengan populasi 60 orang. Sampel diambil secara acak dan didapat kelas VIII-2 (kelas eksperimen) dan kelas VIII-1 (kelas kontrol) sebagai sampel dalam penelitian ini dengan jumlah siswa masing-masing 30 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian two group post test design. Tes pada penelitian dengan desain ini dilakukan sebanyak satu kali yaitu sesudah perlakuan. Perlakuan yang akan diberikan berupa teknik pembelajaran papan cerita di kelas eksperimen dan teknik pembelajaran latihan terbimbing di kelas kontrol. Kemampuan menulis puisi saat menggunakan teknik papan cerita (kelas eksperimen) memperoleh nilai rata-rata 78,83 (termasuk dalam kategori baik). Sedangkan kemampuan menulis puisi saat menggunakan teknik latihan terbimbing (kelas kontrol) memperoleh nilai rata-rata 63,66 (termasuk dalam kategori cukup). Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji “t” diperoleh nilai t0= 6,62. Selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan5% atau α = 0,05 dengan df = N-1. df = 30-1 = 29, maka diperoleh ttabel pada taraf signifikansi 5% =2,04. Nilai t0>ttabel atau 6,62>2,04. Sehingga, hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan teknik papan cerita lebih efektif digunakan terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Swasta ERIA Medan tahun pembelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDaulay, Syahnannidn0031085807
Keywords: Efektivitas; teknik papan cerita; menulis puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 12 May 2020 06:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39221

Actions (login required)

View Item View Item