Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audiovisual yang Menggunakan Aplikasi Adobe Premiere dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019

Sitorus, Dimesri (2019) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audiovisual yang Menggunakan Aplikasi Adobe Premiere dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
1. NIM 2151111013 COVER.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text
2. NIM 2151111013 STATEMENT.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text
3. NIM 2151111013 VALIDITY SHEET.pdf - Published Version

Download (292kB)
[img] Text
4. NIM 2151111013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text
5. NIM 2151111013 FOREWORD.pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Text
6. NIM 2151111013 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text
7. NIM 2151111013 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (79kB)
[img] Text
8. NIM 2151111013 APPENDIX LIST.pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text
9. NIM 2151111013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (318kB)
[img] Text
13. NIM 2151111013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text
14. NIM 2151111013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (110kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis puisis siswa sebelum penggunaan media pembelajaran berbasis audiovisual yang menggunakan aplikasi adobe premiere. Tujuan yang kedua untuk mengetahui kemampuan menulis puisis siswa setelah penggunaan media pembelajaran berbasis audiovisual yang menggunakan aplikasi adobe premiere. Tujuan ketiga untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis audiovisual yang menggunakan aplikasi adobe premiere dalam pembelajaran menulis puisi. Metode penelitianmyang digunakan peneliti adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan untuk penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak kelas atau random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis puisi. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengolahan data, terdapat perbedaan hasil kemampuna menulis puisis siswa sebelum dan setelah media pembelajaran berbasis audiovisual yang menggunakan aplikasi adobe premiere. Nilai rata-rata sebelum perlakuan (pretest) adalah 58, dengan standar deviasi 8,15. Sedangkan nilai rata-rata setelah perlakuan (post-test) adalah 81, dengan standar deviasi 10,27. Dengan demikian, dapat ditarik simpulan bahwa nilai rata-rata menulis puisi setelah perlakuan lebih tinggi daripada sebelum perlakuan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji “t” dengan hasil thitung= 13,14 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikan 5%=2,03. Karena uji hipotesis t yang diperoleh lebih besar dari

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorBarus, Sanggupnidn0010115408
Keywords: audiovisual; aplikasi adobe premiere; dan menulis puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 14 Apr 2020 03:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39086

Actions (login required)

View Item View Item