PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 055985 PEKAN SELESAI KECAMATAN SELESAI KABUPATEN LANGKAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Ginting, Agustina (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 055985 PEKAN SELESAI KECAMATAN SELESAI KABUPATEN LANGKAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8106182002 Judul.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8106182002 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8106182002 Abstrak.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8106182002 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8106182002 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8106182002 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8106182002 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8106182002 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8106182002 Bab I.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8106182002 Bab V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8106182002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi dan proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari tes kemampuan menulis narasi, observasi proses pembelajaran. Analisis data untuk melihat adanya peningkatan kemampuan menulis narasi, dan proses pembelajaran sifatnya deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa. Hal ini diketahui adanya peningkatan nilai rata-rata kemampuan menulis narasi siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 70,5 menjadi 80,3. Secara klasikal tingkat ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari 63,33% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II. Proses pembelajaran mengalami peningkatan dari 68,15 pada siklus I menjadi 79,41. Semua indikator proses pembelajaran juga memiliki rerata nilai 75. Model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) sudah seharusnya menjadi salah satu alternatif bagi guru dalam menyajikan pelajaran pada materi menulis narasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMurni, Sri Minda196305251988032016
Thesis advisorYus, Anita195907211986012001
Call Number: 372.62 Gin p
Keywords: Bahasa Indonesia; Menulis narasi; Cooperative Integrated Reading and Composition
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3901

Actions (login required)

View Item View Item