PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL MENGGUNAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ANAK USIA DINI TK KARYA DARMA

Siallagan, Andrew Ryan Hasudungan (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL MENGGUNAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ANAK USIA DINI TK KARYA DARMA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8176121001 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8176121001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8176121001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8176121001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8176121001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8176121001 TABLES.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8176121001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8176121001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8176121001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8176121001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8176121001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produkmedia pembelajaran berbasis visual yang layak digunakan, mudah di pelajari pebelajar dan dapat dipakai untuk pembelajaran anak usia dini. Jenis penelitian pengembangan model pengembangan produk Borg dan Gall model desain pembelajaran Dick dan Carey. Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji ahli materi kualifikasi sangat baik ( 93,13%), (2) uji ahli desain pembelajaran kualifikasi sangat layak ( 93,13 %), (3) uji ahli media pembelajaran kualifikasi sangat layak (93,75 %), (4) uji coba perorangan kualifikasi sangat layak (95,16%), (5) uji coba kelompok kecil kualifikasi sangat layak ( 96,01 %) , dan (6) uji coba lapangan terbatas kualifikasi sangat layak (96,12%), dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar anak usia dini yang diajarkan dengan menggunakan media belajar berbasis visual menggunakan ular tangga dengan hasil belajar anak usia dini yang diajarkan tanpa menggunakan media belajar. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 4,782 > ttabel = 1,679, dengan dk = 9 pada taraf signifikansi α = 0,05. Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media belajar berbasis visual menggunakan ular tangga sebesar 82,3% lebih tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media belajar 80,8

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitumorang, Julaganidn0020085103
Thesis advisorSitompul, Harunnidn0005076013
Call Number: 372.21 Sia p
Keywords: media belajar; permainan ular tangga; hasil belajar anak usia dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 16 Mar 2020 03:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38968

Actions (login required)

View Item View Item