Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SD Swasta KasihIbu Patumbak

, Yunita (2020) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SD Swasta KasihIbu Patumbak. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8146181055 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8146181055 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8146181055 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8146181055 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8146181055 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8146181055 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8146181055 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8146181055 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8146181055 BAB I.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 8146181055 BAB V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 8146181055 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertolak dari pembelajaran yang dilakukancenderungberpusatpada gurumengakibatkan hasil belajarsiswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar; (2) perbedaan hasil belajar antara motivasi belajar tinggi dengan motivasi belajar rendah; dan (3) pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar.Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IVa, IVb, IVc,di SD Swasta Kasih Ibu Patumbak dan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVa sebanyak 35 siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan untuk kelas IVb sebanyak 35 yang diajar dengan pembelajaran konvensional.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata Hasil belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperati ftipe jigsaw sebesar 28.40 dan siswa yang mendapatkan pembelajaran Konvensional sebesar 24.14; dengan demikian hasil belaja rsiswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih besar dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran Konvensional; (2) hasil belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi memperoleh nilai rata-rata = 30.74, sedangkan hasil belaja rsiswa motivasi belaja rrendah memperoleh nilai rata-rata = 22.72. Dengan demikian dapat disimpulka nbahwa ada perbedaan hasil belajar siswa memiliki motivasi belajar tinggi dengan hasil belajar siswa memiliki motivasi belajar rendah; dan (3) Hasil belajar siswa yang diaja rdengan Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yakni kelompok motivasi belajar tinggi (32.94), dan kelompok motivasi belajar rendah (24.58), lebih besar jika dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan Pembelajaran konvensional yaitu kelompok motivasi belajar tinggi (28.40),dan kelompok motivasi belajar rendah (20.95).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Hidayatnidn0006086209
Thesis advisorSitompul, Harunnidn0005076013
Call Number: 371.2 Yun p
Keywords: Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw; Konvensional; Motivasi Belajar, dan hasil belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 13 Mar 2020 08:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38938

Actions (login required)

View Item View Item