Santi, Nora (2019) Pengembangan Media Mobile Learning Terintegrasi Problem Based Learning Pada Materi Kesetimbangan Kimia. UNSPECIFIED thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176141005 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM 8176141005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (732kB) | Preview
3. NIM. 8176141005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 8176141005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM. 8176141005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 8176141005 TABLES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM. 8176141005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
8. NIM. 8176141005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
9. NIM. 8176141005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
13. NIM. 8176141005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14. NIM. 8176141005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami tingkat kelayakan media pembelajaran mobile learning untuk materi keseimbangan kimia; dan untuk mengetahui perbedaan antara peningkatan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran mobile learning (m- learning) terintegrasi problem based learning yang telah dikembangkan dengan media pembelajaran PowerPoint pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini menggunakan metode R & D (Pengembangan Penelitian) dengan model ADDIE. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S-1 semester II program studi pendidikan kimia yang mengambil mata kuliah dasar ilmu kimia semester genap 2018/2019 di Universitas Negeri Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas dalam kursus kimia dasar FMIPA UNIMED departemen semester 2 yang memiliki 25 siswa untuk setiap kelas. Instrumen penelitian adalah angket motivasi dan tes objektif. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif dan analisis statistik dengan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran Mobile Learning yang dikembangkan dikategorikan layak untuk digunakan tetapi masih perlu direvisi dan dikembangkan, (2) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa (N-gain siswa) untuk materi kesetimbangan kimia yang dipelajari menggunakan media Mobile Learning yang telah dikembangkan di kelas eksperimen I ditemukan lebih tinggi daripada di kelas eksperimen II dengan media power-point (74%> 63%).
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 San p |
Keywords: | pembelajaran mobile learning; pembelajaran berbasis masalah (pbl); keseimbangan kimia; prestasi belajar mahasiswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 10:23 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 10:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38913 |