PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MTS SWASTA TAAJUSSALAM BESILAM

Nasution, Muhammad Yunus (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MTS SWASTA TAAJUSSALAM BESILAM. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 081188830021 Judul.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 081188830021 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 081188830021 Abstrak.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 081188830021 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 081188830021 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 081188830021 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 081188830021 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 081188830021 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 081188830021 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 081188830021 Bab V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 081188830021 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika siswa antara siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional serta mengetahui apakah ada interaksi antara pendekatan pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang dilaksanakan di MTs Swasta Taajussalaam Besilam. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 128 orang siswa dan sebagai sampel berjumlah 64 orang yang diambil secara acak, terdiri dari 32 orang siswa kelas VIIIA yang mendapat perlakuan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dan 32 orang siswa VIIIB dengan pendekatan pembelajaran konvensional. Angket diberikan kepada siswa untuk mengklasifikasikan minat yang dimiliki siswa rendah atau tinggi. Uji statistik yang digunakan untuk mengukur penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial digunakan ANAVA dua jalur dan uji t. Instrumen penelitian kemampuan berpikir kritis matematika menggunakan tes berbentuk uraian berjumlah 8 butir dan memiliki realibilitas 0,963 menggunakan rumus alpha. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah memiliki peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah (X1) =0,61 dan nilai rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang diajarkan dengan konvensional (X2) = 0,39. Siswa yang memiliki minat belajar tinggi kemampuan berpikir kritis matematikanya lebih tinggi dibanding dengan siswa yang memiliki minat rendah hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata minat tinggi (Xa) = 76,42 sedangkan nilai rata-rata minat rendah (Xb) = 57,771.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArmanto, Dian196310111988031001
Thesis advisorAsmin, 195708041985031002
Call Number: 373.236 Nas p
Keywords: Berpikir kritis; Minat belajar; Pembelajaran konvensional; Pembelajaran berbasis masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3891

Actions (login required)

View Item View Item