Khuzaimah, Ninda (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SD SWASTA SALSA DESA CINTA RAKYAT T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
|
Text
1. NIM. 1153311056_COVER.pdf - Published Version Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
2. NIM. 1153311056_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
3. NIM. 1153311056_ABSTRAK.pdf - Published Version Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
4. NIM. 1153311056_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
5. NIM. 1153311056_DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
6. NIM. 1153311056_BAB I.pdf - Published Version Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
10. NIM. 1153311056_BAB V.pdf - Published Version Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
11. NIM. 1153311056_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (138kB) | Preview |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV-A SD Swasta Salsa Desa Cinta Rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada Tema “Indahnya Kebersamaan” Subtema “Sifatsifat Bunyi” dengan kompetensi dasar IPA: Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran. Melaporkan hasil pengamatan tentang Sifat-sifat Bunyi di Kelas IV SD Swasta Salsa Desa Cinta Rakyat T.A 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta Salsa Desa Cinta Rakyat di kelas IV-A pada semester ganjil Tahun Ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 26 orang yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan soal tes berupa pilihan berganda dan observasi, lembar observasi yang digunakan adalah lembar observasi guru. Penelitian ini terdiri dari tahap awal (Pre Tes) dan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pre-tes dari 26 orang siswa diperoleh hasil sebanyak 11 siswa (42,31%) mendapat nilai tuntas dan sebanyak 15 siswa (57,69%) belum tuntas dengan nilai rata-rata 53,65. Setelah dilaksanakannya siklus I diperoleh hasil sebanyak 15 siswa (57,69%) mendapat nilai tuntas dan sebanyak 11 siswa (42,31%) belum mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata 61,15. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan secara klasikal sebanyak 22 siswa (84,62%) dan sebanyak 4 (15,38%) belum mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata 72,28. Hasil observasi kegiatan mengajar guru diperoleh pada siklus I pertemuan pertama dengan nilai rata-rata sebesar 66,66% (kurang) dan pada pertemuan ke dua sebesar 75% (cukup) dan pada siklus II pertemuan pertama dengan rata-rata nilai sebesar 83,33% (baik) dan pada pertemuan ke dua sebesar 91,66% (sangat tinggi). Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan di kelas IV-A SD Swasta Salsa Desa Cinta Rakyat T.A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Call Number: | SK-2020 PGSD 001 | |||||||||
Keywords: | hasil belajar; model pembelajaran; Think Talk Write; tematik | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah | |||||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2020 08:54 | |||||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38609 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |