GENDERS LANGUAGE STYLE IN FACEBOOK STATUS

Gustiany, Alfina (2012) GENDERS LANGUAGE STYLE IN FACEBOOK STATUS. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 809111024 Judul.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 809111024 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 809111024 Abstrak.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 809111024 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 809111024 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 809111024 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 809111024 Bab I.pdf - Published Version

Download (781kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 809111024 Bab V.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 809111024 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menunjukkan gaya bahasa, perbedaan cara berkomunikasi, dan tujuan komunikasi laki-laki dan perempuan di status Facebook. Tujuan penelitian ini adalah: a) menemukan gaya bahasa dominan yang digunakan laki-laki dan perempuan; b) menjelaskan cara berkomunikasi antara laki-laki dan perempuan; dan c) menjelaskan tujuan-tujuan komunikasi laki-laki dan perempuan dalam status facebook. Data didapatkan dari 33 status laki-laki dan 33 status perempuan pada Desember 2011. Data yang dianalisis berdasarkan tiga teori. Pertama adalah tiga gaya bahasa menurut Joos (1967), yaitu gaya formal, gaya konsultatif, dan gaya santai; kedua adalah perbedaan caraberkomunikasi antara laki-laki dan perempuan menurut Tannen (1992), yaitusaran lawan pengertian, informasi lawan perasaan, dan konflik lawan kompromi; ketiga adalah tujuan-tujuan komunikasi Facebook menurut Patrick (2010), yaitu hiburan, integrasi kedalam komunitas, pemertahanan hubungan, dan pembentukan jati diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) gaya bahasa dominan yang digunakan oleh laki-laki dan perempuan di status Facebook adalah gaya konsultatif; b) laki- laki menggunakan saran (39.4%) lebih banyak daripada perempuan (24.2%) dan perempuan menggunakan perasaan (5 1.5%) lebih banyak daripada laki-laki (36.5%); c) Alasan·alasan komunikasi laki-lakidan perempuan di status Facebook adalah: pembangunan jati diri, memberikan informasi, berdoa, menunjukkan perasaan, dan memberikan saran.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMurni, Sri Minda196305251988032016
Thesis advisorSaragih, Amrin195501131982031002
Call Number: 411.071 Gus g
Keywords: Gender; Frozen style; Formal style; Consultative style; Casual style; Computer mediated communication
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: Program Pasca Sarjana > Linguistik Terapan Bahasa Inggris
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3841

Actions (login required)

View Item View Item