PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR PENGUKURAN LISTRIK SMK TR SINAR HUSNI MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020

VETRYCIA, DAMAI LINDA GEA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR PENGUKURAN LISTRIK SMK TR SINAR HUSNI MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM.5133331018 COVER.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM.5133331018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM.5133331018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM.5133331018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM.5133331018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM.5133331018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM.5133331018 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM.5133331018 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM.5133331018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (907kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM.5133331018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM.5133331018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Pengukuran Listrik Siswa Kelas X Jurusan TITL SMK TR Sinar Husni. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester ganjil SMK TR Sinar Husni Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil dua kelas, yaitu kelas X-TITL 1 sebagai kelas Reciprical Teaching dan kelas X-TITL 2 sebagai kelas Ekspositori, yang masing-masing kelas berjumlah 24 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 25 butir. Hasil pengujian posttest sesudah diberi perlakuan yang berbeda, yaitu skor rata-rata di kelas Reciprocal Teaching adalah 22.45 dengan standar deviasi 1.61 dan skor rata-rata di kelas Ekspositori 19.20 dengan standar deviasi 1.71. Pada pengujian data posttest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen yang berarti memiliki kemampuan yang sama. Dari hasil pengolahan data posttest diperoleh bahwa thitung = 10.35 dan ttabel = 2.06. Sehingga thitung > ttabel. Sehingga Ha diterima yaitu hasil belajar Model Pembelajaran Pembelajaran Reciprocal Teaching memberikan hasil belajar pada pelajaran Dasar dan pengukuran listrik yang lebih tinggi daripada pembelajaran menggunakan model Ekspositori pada siswa kelas X TITL SMK TR Sinar Husni Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorPurba, SukarmanNIDN0023056208
Thesis advisor-, -UNSPECIFIED
Call Number: SK-2020 ELK 001
Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Model Pembelajaran Ekspositori
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 12 Feb 2020 11:43
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38392

Actions (login required)

View Item View Item