PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN ICT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 DELITUA T.A 2019/2020

NASUTION, SHEILLA ZAKIA (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN ICT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 DELITUA T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
1. NIM. 4151111090 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text
2. NIM. 4151111090 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (392kB)
[img] Text
3. NIM. 4151111090 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (116kB)
[img] Text
4. NIM. 4151111090 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text
5. NIM. 4151111090 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text
6. NIM. 4151111090 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text
7. NIM. 4151111090 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text
8. NIM. 4151111090 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text
9. NIM. 4151111090 BAB I.pdf - Published Version

Download (777kB)
[img] Text
13. NIM. 4151111090 BAB V.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text
14. NIM. 4151111090 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (342kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik berbantuan ICT yang berkualitas pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel; 2) Menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis pendekatan matematika realistik berbantuan ICT. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan yang dikemukakan oleh S. Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (define, design, develop dan disseminate). Uji coba perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik dilakukan sebanyak dua kali untuk memperoleh perangkat yang berkualitas. Uji coba pertama dilakukan di kelas VIII 1 dan uji coba kedua dilakukan di kelas VIII 2. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik yang dibelajarkan berkualitas baik pada saat tahap pengembangan uji coba kedua; 2) Kemampuan pemecahan masalah yang dibelajarkan dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik meningkat pada tahap pengembangan uji coba kedua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Hasratuddinnidn0031126373
Thesis advisor-, -UNSPECIFIED
Call Number: SK-2020 MAT 035
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model 4-D, Pendekatan Matematika Realistik, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 Feb 2020 11:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38108

Actions (login required)

View Item View Item