PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 AEK KUO TAHUN AJARAN 2019/2020

ASODINA, MERI (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 AEK KUO TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
1. NIM 7153341049 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] Text
2. NIM 7153341049 Surat Persetujuan.pdf - Published Version

Download (378kB)
[img] Text
3. NIM 7153341049 Abstrak.pdf - Published Version

Download (133kB)
[img] Text
4. NIM 7153341049 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text
5. NIM 7153341049 daftar isi.pdf - Published Version

Download (467kB)
[img] Text
6. NIM 7153341049 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text
7. NIM 7153341049 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text
8. NIM 7153341049 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (289kB)
[img] Text
9. NIM 7153341049 BAB I.pdf - Published Version

Download (665kB)
[img] Text
13. NIM 7153341049 BAB V.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text
14. NIM 7153341049 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (490kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini “rendahnya hasil belajar siswa dan minat belajar” kelas XI SMA Negeri 1 Aek Kuo T.A 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media pembelajaran Visual dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Aek Kuo T.A 2019/2020. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Aek Kuo dengan populasi sebanyak 57 siswa dan sampel berjumlah 57 siswa yang diambil secara keseluruhan. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan angket minat belajar pada mata pelajaran ekonomi dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 item dan angket sebanyak 20 item . Hasil analisis data menggunakan ANOVA dua arah disimpulkan bahwa variabel media pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi dari Media adalah 0,000. Jika dibandingkan dengan signifikansi 0,05. Maka hasilnya 0,000<0,05. Variabel minat belajar juga berpengaruh terhadap hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari nilai sigifikansi minat, jika diperhatikan, nilai signifikansi tersebut 0,000. Dibandingkan dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Untuk melihat pengaruh antar media pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi dapat dilihat pada Corrected Model menunjukkan hasil signifikan adalah 0,037. Jika dibandingkan dengan signifikansi 0,05, maka hasilnya 0,037<0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh Media Visual dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi SMA Negeri 1 Aek Kuo T.A 2019/2020, dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRuslan, Dedenidn0004076508
Thesis advisor-, -UNSPECIFIED
Call Number: SK-2020 EKO 026
Keywords: Visual; Minat Belajar; Hasil Belajar Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 Feb 2020 11:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38078

Actions (login required)

View Item View Item