PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK SISWA KELAS X TITL SMK T.A. 2019/2020

SUHENDRA, WAWAN (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK SISWA KELAS X TITL SMK T.A. 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 5151131046 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5151131046 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5151131046 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5151131046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (598kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5151131046 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5151131046 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 5151131046 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 5151131046 PREFACE.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5151131046TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5151131046TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 5151131046 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5151131046 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 5151131046 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 5151131046 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5151131046 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5151131046 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 5151131046 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 5151131046 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5151131046 CHAPTER  V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5151131046 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 5151131046BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 5151131046BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar elektromekanik (PDE).
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X dari dua sekolah yang berbeda yaitu X TITL SMKN 1 Lubuk Pakam yang terdiri dari dua kelas dan X TITL SMKN 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari dua kelas juga. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan mengambil 1 kelas dari setiap sekolah yaitu X TITL 2 SMKN 1 Lubuk Pakam sebagai kelas kontrol (menggunakan model pembelajaran ekspositori) dan X TITL 1 SMKN 1 Percut Sei Tuan sebagai kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom) dengan masing-masing siswa berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 soal yang terlebih dahulu divalidasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji –t.
Hasil pengolahan data diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 85,93 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 73,55. Untuk uji normalitas data pada taraf signifikan sebesar 0,05, pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung 0,1469 dan Ltabel 0,1591 karena Lhitung > Ltabel maka data pada kelas eksperimen normal, dan uji normalitas pada kelas kontrol diperoleh Lhitung 0,1547dan Ltabel 0,1591 karena Lhitung > Ltabel maka data pada kelas kontrol normal. Uji Homogenitas Fh 1,19 dan Ft 1,84 karena Fh < Ft maka seluruh varian homogen. Dengan pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (8,14 > 1,67, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dan diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dengan menerapkan model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 ELK 006
Keywords: Flipped Classroom, Ekspositori, Hasil Belajar
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 Feb 2020 11:22
Last Modified: 29 Apr 2020 17:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38054

Actions (login required)

View Item
View Item