PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS ULASAN CERPEN BERBASIS BUDAYA LOKAL TAPUT UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 TARUTUNG

Hutagalung, Ratna (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS ULASAN CERPEN BERBASIS BUDAYA LOKAL TAPUT UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 TARUTUNG. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2153111032 COVER.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2153111032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2153111032 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2153111032 PREFACE.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2153111032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2153111032 TABLES.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2153111032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2153111032 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 2153111032 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2153111032 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 2153111032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis kebudayaan lokal pada materi teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarutung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan Research and Development (R & D) yang merujuk pada model Borg and Gall. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Validasi produk terdiri dari dua ahli materi dan dua ahli desain produk. Subjek ujicoba penelitian ini terdiri dari 3 siswa untuk uji perorangan, 9 siswa untuk uji kelompok kecil dan 32 siswa untuk uji lapangan terbatas. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan aspek kebahasaan (2) validasi ahli desain bahan ajar (3) respon guru (4) uji coba perorangan (5) uji coba kelompok kecil (6) uji lapangan terbatas. Hal ini membuktikan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis multikultural layak, mudah dan efektif dingunakan pada pembelajaran teks laporan hasil observasi di SMA kelas X.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDaulay., Syahnannidn0031085807
Thesis advisorUmar, Azharnidn0011066009
Call Number: SK-2020 IND 027
Keywords: pengembangan bahan ajar, teks ulasan cerpen, berbasis budaya lokal taput
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z1003 Choice of books. Books and reading. Book reviews
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 Feb 2020 11:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38038

Actions (login required)

View Item View Item