UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)

YOLANDA, FETRIS MELISA (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT). Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4153111022 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4153111022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4153111022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4153111022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4153111022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4153111022 TABELS.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4153111022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4153111022 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4153111022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4153111022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4153111022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran TGT. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 4 Medan pada semester ganjil T.A 2019/2020 yang berjumlah 31 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Tes yang diberikan berbentuk uraian sebanyak 3 butir soal pada tes kemampuan awal, 4 butir soal pada tes kemampuan pemecahan masalah I, 4 butir soal pada tes kemampuan pemecahan masalah II. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dapat dilihat dari peningkatan skor rata-rata siswa pada hasil tes dan peningkatan persentase ketuntasan klasikal. Pada tes kemampuan awal diperoleh nilai rata-rata tes sebesar 43,44 meningkat menjadi 64,60 pada siklus I dan meningkat menjadi 82,50 pada siklus II. Ketuntasan klasikal dari 9,68% pada tes kemampuan awal meningkat menjadi 41,94% pada siklus I dan meningkat menjadi 87,10% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII-7 SMP Negeri 4 Medan T.A 2019/2020 sehingga pembelajaran dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSyahputra, Edinidn0021015706
Thesis advisor-, -UNSPECIFIED
Call Number: SK-2020 MAT 042
Keywords: Model Pembelajaran Tgt; Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 Feb 2020 11:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38019

Actions (login required)

View Item View Item