PENGEMBANGAN BUKU AJAR GEOMETRI DAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA KELAS V SDS INTI NUSANTARA KOTA TEBING TINGGI

Mailani, Elvi (2011) PENGEMBANGAN BUKU AJAR GEOMETRI DAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA KELAS V SDS INTI NUSANTARA KOTA TEBING TINGGI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 809182025 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 809182025 Judul.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 2. 809182025 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 809182025 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 3. 809182025 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 809182025 Abstrak.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 4. 809182025 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 809182025 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 5.  809182025 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 809182025 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 6. 809182025 Bab I.pdf]
Preview
Text
6. 809182025 Bab I.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of 7. 809182025 Bab V.pdf]
Preview
Text
7. 809182025 Bab V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 8. 809182025 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
8. 809182025 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar geometri dan lembar aktivitas siswa materi bangun datar kelas V. Penelitian ini dilakukan disebabkan banyaknya buku ajar dan lembar aktivitas siswa yang dipakai tidak sesuai dengan tuntutan yang terdapat dalam KTSP, kelemahan buku ajar dan LAS yang dipakai selama ini diantaranya dari aspek: isi, bahasa, desain grafis, metodologi penulisan, dan strategi indexing. Dampak negatif yang terlihat dari kelemahan pemakaian buku ajar dan lembar aktivitas siswa ini adalah kurangnya minat dan motivasi siswa untuk belajar matematika, sehingga hal ini berpengaruh pada rendahnya hasil belajar matematika terutama materi bangun datar.Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDS Inti Nusantara pada Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 34 orang. Siswa laki-laki berjumlah 21 orang dan siswa perempuan berjumlah 13 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (Research and Development/R&D), model Van den Akker (1999) yaitu meliputi 3 aspek utama : substantif, prosedur dan teoretis - empiris. Langkah-langkah yang dilaksanakan adalah: (l) Analisis Awal, (2) Evaluasi ahli dan guru, (3) Ujicoba Skala kecil, (4) Data Empiris, (5) Refleksi dan Revisi, (6) Model penelusuran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Analisis data validitas buku ajar dan lembar aktivitas siswa, (2) Analisis data keterpakaian buku ajar dan lembar aktivitas siswa, dan (3) Analisis data hasil belajar siswaHasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi bangun datar khususnya trapesium dan layang-layang mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase siswa yang mencapai standar nilai pada kriteria ketuntasan minimal (KKM) bidang studi matematika pada tes awal SDS Inti Nusantara sebesar >65% sebanyak 20 siswa atau 58,82%. sedangkan SDS Methodist I sebanyak 14 siswa atau 66,66%. Setelah tes awal maka dilaksanakanlah pembelajaran dengan menggunakan buku ajar dan lembar aktivitas siswa yang dikembangkan oleh peneliti. Hasil tes akhir yang diperoleh adalah SDS inti Nusantara sebanyak: 29 siswa atau 85,29%, dan SDS Methodist I sebanyak: 18 siswa atau 85,71% telah mencapai KKM bidang studi matematika sebesar > 65%. Dari hasil ini terjadi peningkatan untuk SDS inti Nusantara sebesar 26,47%, sedangkan SDS Methodis I sebesar 19,05%. Untuk kevalidan buku ajar dan lembar aktivitas siswa berdasarkan hasil validasi yang dilakukan 1 orang pakar dan 3 orang guru matematika maka buku ajar dan lembar ak:tivitas siswa tergolong sangat baik.Konsekuensi logis dari penggunaan buku ajar, lembar aktivitas siswa dan penerapan model IAI berimplikasi pada meningkatnya minat, perhatian, partisipasi, presentasi siswa dan dapat menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.7 Mai p
Uncontrolled Keywords: Matematika; Geometri; Lembar aktivitas siswa; Silabus; Interactive audio instructional; Rencana pelaksanaan pembelajaran; Kurikulum tingkat satuan pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 20 Apr 2016 05:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3784

Actions (login required)

View Item
View Item