UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS VIII SMP HOSANA MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020

PRATIWI, ELYSABETH (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS VIII SMP HOSANA MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4153111019 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4153111019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4153111019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4153111019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4153111019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4153111019 TABLES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4153111019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4153111019 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4153111019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4153111019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4153111019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII – A SMP HOSANA Medan T.A 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII – A SMP HOSANA Medan yang berjumlah 24 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematis diperoleh 17 dari 24 siswa (71 %) telah mencapai target (≥70) sedangkan 7 siswa lainnya (29 %) belum mencapai nilai target. Berdasarkan criteria keberhasilan klasikal maka persentase keberhasilan ini belum memenuhi. Setelah pemberian tindakan pada siklus II melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematis diperoleh 22 siswadari 24 siswa ( 92 %) telah mencapai target keberhasilan (≥70) sedangkan 2 siswa lainnya (8 %) belum mencapai nilai target. Terjadi peningkatan persentase keberhasilan klasikal sebesar 21% . Berdasarkan target keberhasilan klasikal maka persentase keberhasilan ini sudah memenuhi. Untuk nilai setiap aspek komunikasi matematis yang diteliti, yaitu pada aspek menulis nilai rata-rata pada siklus I dari 81% menjadi 80% , pada aspek menggambar nilai rata-rata padasiklus I dari 69% meningkat menjadi 78% pada siklus II, dan pada aspek representasi nilai rata-rata pada siklus I dari 70% meningkat menjadi 93%. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII-A SMP Hosana Medan T.A 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMukhtar, nidn0010065709
Thesis advisor-, -UNSPECIFIED
Call Number: SK-2020 MAT 001
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99.5 Nonverbal communication
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37582

Actions (login required)

View Item View Item