PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD KECAMATAN PARMAKSIAN KAB. TOBA SAMOSIR

Simanjuntak, Launa Lenny Abadi (2019) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD KECAMATAN PARMAKSIAN KAB. TOBA SAMOSIR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8166182025 COVER.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8166182025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8166182025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8166182025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8166182025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8166182025 TABLES.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8166182025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8166182025 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8166182025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8166182025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8166182025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Video Pembelajaran Berbasis Scientific Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SD Kecamatan Parmaksian Kab. Toba samosir. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4-D. Model pengembangan 4D dengan tahapan (1) tahap define (2) tahap design (3) tahap develop (4) tahap Desimination. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validasi ahli, angket respon guru dan siswa serta tes hasil belajar. Lalu analisis data berupa analisis validasi ahli dilakukan oleh ahli materi, bahasa dan media, analisis kepraktisan dilakukan dengan angket guru dan siswa dan analisis keefektifan dilakukan dengan pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Validasi ahli materi pada penilaian kelayakan materi skornya sebesar 61 atau 80% dan berada pada kriteria baik; (2) Validasi desain pembelajaran skornya 50 atau 89% berada pada kriteria sangat baik; (3) Validasi bahasa skornya 98 atau 92% berada pada kriteria sangat baik. Demikian pula dengan uji efektifitas produk terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan video berbasis saintifik dapat disimpulkan bahwa video berbasis saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai N-Gain rata-rata 0,7 dimana dalam kategori tinggi. Hasil praktisi guru menyatakan bahwa guru memerlukan video berbasis saintifik dalam proses pembelajaran sementara siswa lebih senang belajar dan lebih memudahkan siswa dalam belajar menggunakan video berbasis saintifik. Dengan demikian, video berbasis saintifik dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorBeru, Bungana198010152008012010
Thesis advisorSaragi, Daulat196411071881031010
Call Number: 372.2 Sim p
Keywords: Video, Saintifik, Indahnya Kebersamaan
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Dec 2019 09:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37277

Actions (login required)

View Item View Item