ANALISIS KESESUAIAN TEKS VERBAL DAN VISUAL PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS X PENERBIT KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN RI EDISI REVISI 2017

Syahputra, M. Irwan (2019) ANALISIS KESESUAIAN TEKS VERBAL DAN VISUAL PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS X PENERBIT KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN RI EDISI REVISI 2017. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 8176191006 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 8176191006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 8176191006 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 8176191006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 8176191006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 8176191006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 8176191006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 8176191006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 8176191006 BAB I.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 8176191006 BAB V.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 8176191006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas analisis teks verbal dan visual pada buku siswa kelas X penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI edisi revisi 2017. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan analisis teks verbal dan visual pada buku siswa kelas X di SMA Negeri 1 Secanggang dan mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teks verbal dan visual serta analisisnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif interpretatif dan didukung oleh data kuantitatif. Penelitian diambil dengan teknik wawancara, observasi, dan kuesioner. Dari hasil analisis, dapat diketahui bahwa, (1) analisis konsep transitivitas Halliday menunjukkan bahwa pada tipe proses jumlah kemunculan terbanyak pada material proses yaitu sebanyak 4 kali dengan persentase 36,4 %. Selanjutnya, pada partisipan jumlah kemunculan terbanyak pada actor participant yaitu sebanyak 5 kali dengan persentase 45,4 %. Pada kategori jumlah kemunculan terbanyak pada location circumstance yaitu sebanyak 3 kali kemunculan dengan persentase 37,5 %. (2) Analisis teks visual pada buku siswa kelas X menggunakan pendekatan semiotik yang difokuskan kepada multimodal sistem (Anstey dan Bull, 2010; Bateman dan Schmidt, 2012; dan Chandler, 2007) dan analisis multimodal semiotic mode dengan cakupan linguistik, visual, dan letak. Dari analisis keempat teks visual tersebut dapat disimpulkan bahwa masing-masing teks memiliki kelengkapan analisis sesuai dengan teori yang relevan. Artinya, teks yang dianalisis tersebut dapat dikatakan sudah sesuai. (3) Analisis kesesuaian teks verbal dan visual pada buku siswa kelas X kurikulum 2013 edisi revisi 2017 menunjukkan bahwa secara keseluruhan dari jenis teks yang dianalisis tidak ada satu pun teks yang 100 % sesuai. Artinya, kesemua teks belum memiliki kelengkapan komponen analisis kesesuaian berdasarkan pada teori General Stucture Potential (GSP) dari Yuen (2004). Berdasarkan hasil analisis pula, hanya dua teks yang hampir sesuai yaitu pada teks eksposisi dan negosiasi dengan persentase 62,5 %, sedangkan teks yang paling tidak sesuai adalah tampilan teks debat dengan persentase 25 %. (4) Kebermanfaatan sekaligus implikasi bahan bacaan “Teks Verbal dan Visual serta Analisisnya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X SMAN 1 Secanggang dapat membantu guru mempermudah mengajarkan setiap materi dalam buku ajar sekaligus melatih guru lebih kreatif dalam menganalisis setiap teks verbal dan visual dari sumber lain dan bagi peneliti lain sebagai penambah kreativitas dan pola pikir dalam membuat dan menganalisis buku bacaan lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorLubis, Malan196707181993101001
Thesis advisorHadi, Wisman197802012003121003
Call Number: 410.711 Sya a
Keywords: analisis, multimodal, teks verbal, teks visual, transitivitas
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 Nov 2019 04:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37255

Actions (login required)

View Item View Item