ANALISIS BUTIR SOAL PILIHAN GANDA ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMA SWASTA METHODIST PANCUR BATU TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017, 2017/2018 DAN 2018/2019

BINA, ESITA MAY (2019) ANALISIS BUTIR SOAL PILIHAN GANDA ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMA SWASTA METHODIST PANCUR BATU TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017, 2017/2018 DAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4153341012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4153341012 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4153341012 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4153341012 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4153341012 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4153341012 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4153341012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4153341012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4153341012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4153341012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4153341012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4153341012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4153341012 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4153341012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4153341012 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4153341012 TABLES.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4153341012 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4153341012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4153341012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4153341012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4153341012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4153341012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1)Distribusi butir soal UAS Genap Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA Swasta Methodist Pancur Batu Tahun Pembelajaran 2016/2017, 2017/2018, dan 2018/2019 ditinjau dari Aspek ranah kognitif Taksonomi Bloom, 2)Aspek Kualitatif (Materi, Konstruksi, dan bahasa), 3)Aspek Kuantitatif (Validitas, Reabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Beda dan Efektifitas Pengecoh). Hasil penelitian menunjukan: 1)Persebaran ranah kognitif UAS Genap 2016/2017, 2017/2018, 2018/2019 belum memenuhi syarat tes yang baik karena soal yang paling dominan adalah soal yang mudah (C1 dan C2), 2)Analisis kualitatif dari aspek materi UAS Genap 2016/2017, 2017/2018 dan 2018/2019 sangat baik. Dari aspek konstruksi UAS Genap 2016/2017, 2017/2018 dan 2018/2019 kategori soal sangat baik. Dari aspek bahasa pada UAS Genap 2016/2017, 2017/2018, dan 2018/2019 soal termasuk sangat baik. 3)Analisis kuantitatifnya pada UAS Genap 2016/2017 dan 2017/2018 memiliki validitas tidak baik, sedangkan UAS Genap 2018/2019 validitasnya baik. Dari reabilitas UAS Genap 2016/2017 kategori agak rendah, UAS Genap 2017/2018 kategori cukup, dan UAS Genap 2018/2019 kategori tinggi. Pada tingkat kesukaran UAS Genap 2016/2017, 2017/2018 dan 2018/2019 termasuk kategori baik. Pada daya beda UAS Genap 2016/2017 dan 2017/2018 kategori baik, UAS Genap 2018/2019 kategori sangat baik. Pada efektifitas pengecoh UAS Genap 2016/2017 kategori kurang baik, UAS genap 2017/2018 kategori cukup baik, UAS genap 2018/2019 kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 BIO 288
Keywords: UJIAN AKHIR SEMESTER, RANAH KOGNITIF, ASPEK KUALITATIF, ANALISIS KUANTITATIF
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:33
Last Modified: 13 Mar 2020 06:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37215

Actions (login required)

View Item
View Item