Pengaruh Model Problem Based Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan Kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.

HUTABARAT, CAROLINA SOFIA (2019) Pengaruh Model Problem Based Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan Kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5153311006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5153311006 COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5153311006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5153311006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (838kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5153311006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5153311006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 5153311006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 5153311006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5153311006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5153311006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 5153311006 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5153311006 TABLE.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 5153311006 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 5153311006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5153311006 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5153311006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 5153311006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 5153311006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (552kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5153311006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5153311006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 5153311006 BIBLIOGRAFI.pdf]
Preview
Text
14. NIM 5153311006 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) terdapat pengaruh model Problem Based Learning dan konvensional terhadap hasil belajar DDKBTPT; (2) terdapat pengaruh perbedaan motivasi belajar terhadap hasil belajar DDKBTPT siswa; dan (3) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar DDKBTPT siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, semester 1 tahun ajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Negeri 1 Lubuk Pakam, sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X DPIB A dan kelas X DPIB B dengan jumlah sampel penelitian untuk pembelajaran Poblem Based Learning terdiri dari 34 siswa dan 32 siswa untuk pembelajaran konvensional. Angket motivasi belajar diberikan untuk mengelompokkan siswa atas motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah. Metode penelitian dengan menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian factorial 2 x 2. Uji persyaratan normalitas menggunakan Liliefors dan uji homogenitas dilakukan dengan uji varians terbesar berbanding varians terkecil dan untuk gabungan keempat kelompok berasal dari populasi yang bersifat homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dilanjutkan dengan uji Scheffe. Temuan dalam penelitian ini adalah : (1) siswa yang diajar dengan model pembelajaran PBL memperoleh hasil belajar DDKBTPT Lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, dengan harga Fhitung untuk kompetensi kognitif = 21,196> Ftabel = 3,997 kompetensi psikomotorik = 4,18 > Ftabel = 3,997 ; (2) siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah pada kopetensi pengetahuan dengan Fhitung = 6,206 > Ftabel = 3,997; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mekanika teknik kompetensi kognitif, degnan harga Fhitung = 19,089> Ftabel = 3,997. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar DDKBTPT. Siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi memperoleh hasil belajar DDKBTPT lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 BAN 063
Keywords: Model Pembelajaran;Motivasi Belajar;Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:30
Last Modified: 06 Mar 2020 08:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37106

Actions (login required)

View Item
View Item